Ujian Saringan Masuk STAN atau biasa disingkat USM STAN adalah pintu gerbang yang harus dilalui untuk bisa menyandang predikat sebagai Mahasiswa STAN. USM sendiri terdiri dari tiga tahapan, yaitu seleksi tes tertulis, tes kesehatan dan kebugaran, dan terakhir tes wawancara. Untuk dapat melalui hingga tahap terakhir yang harus dilakukan tentu berhasil melalui tahapan pertama yaitu seleksi tes tertulis. Bimbel Infinity akan bahas tuntas ujian tulis STAN pada halaman ini. Ujian tertulis adalah tahapan pertama dalam seleksi masuk STAN yang meliputi pengujian terhadap materi Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Bahasa Inggris (TBI). Oleh karena itu, di sini akan kita bahas tuntas mengenai semua bahasan dalam ujian tulis USM STAN agar kalian lebih siap. Yuk disimak…

  1. A.   TES POTENSI AKADEMIK

 

Tes Potensi Akademik adalah tes yang mengukur kemampuan seseorang secara intelektual.Tes ini dapat mengukur sejauh mana potensi seorang calon mahasiswa di bidang akademis, sejauh mana ia nanti dapat berkembang, dan juga tes ini dapat mengukur kemampuan dasar seorang calon mahasiswa.

Tes Potensi Akademik yang diadakan pada USM STAN ini memiliki beberapa jenis atau tipe soal, seperti tes verbal atau bahasa, tes numerik, tes logika, dan tes spasial atau gambar. Adapun materi yang diujikan dalam Tes Potensi Akademik USM STAN adalah sebagai berikut.

 

  1. Tes Penalaran Verbal (Bahasa)

Tes penalaran verbal adalah tes yang didesain untuk menentukan sebaik apakah kemampuan seseorang dalam berbahasa, yang sering kali digunakan sebagai dasar untuk memperkirakan kemungkinan keberhasilan dimasa akan datang. Tes tersebut berfungsi mengukur kesiapan mental yang biasanya disebut tes kognitif, tes psikometrik atau tes kecerdasan. Tes penalaran verbal juga mengandung arti suatu penilaian yang dilakukan untuk mengukur kemampuan seseorang dalam memfungsikan bahasa efektif apa yang dikenal sebagai bahasa baku.

Tes ini dirancang untuk mengukur kemampuan seseorang untuk memahami konsep-konsep dibingkai dalam kata-kata, kemampuan seseorang untuk menemukan kesamaan di antara konsep-konsep yang berbeda dan untuk memanipulasi ide-ide pada tingkat abstrak.

Tes ini meliputi:

  • Tes Kosakata

Tes Kosakata ini adalah tes dimana adik-adik diminta menemukan arti dari suatu kata yang umumnya jarang ditemui di kehidupan orang awam.

 

Contoh Tes Kosakata:

MERKANTILISME …

  1. Suatu Sistem Politik
  2. Suatu Sistem Ekonomi
  3. Suatu Paham Kebangsaan
  4. Suatu Sistem Pemerintahan

 

Di sini adik-adik diminta untuk mencari apakah arti dari kata Merkantilisme. Arti kata Merkantilisme sendiri adalah Suatu Sistem Ekonomi atau jawabannya ialah B.

 

  • Tes Analogi (Padanan hubungan Kata)

Jenis soal dalam tes ini meminta adik-adik untuk mengidentifikasi atau mencari kesetaraan atau padanan hubungan antar kata yang diberikan. Kesetaraan hubungan ini harusdianalisa secara cermat untuk mendapatkan jawaban yang tepat. Hal yang diukur dalam tes ini adalah kemampuan logika anda terhadap sebuah kondisi, untuk melihat sejauh mana adik-adik memahami sebab-akibat suatu permasalahan.

 

                Contoh Tes Analogi:

MUSANG : DOMBA …

  1. Nilai : Susu
  2. Katak : Ular
  3. Musuh : Teman
  4. Pagar : Tanaman

 

Jawaban yang tepat atas padanan hubungan kata di atas adalah Musuh : Teman sama halnya dengan Musang : Domba.

 

  •  Tes Sinonim (Persamaan Kata)

Soal dari tes persamaan kata ini adalah adik-adik diminta untuk mencari satu kata yang setara atau sama atau serupa maknanya dengan makna kata tertentu yang diminta.

 

                Contoh Tes Sinonim:

AKLIMATISASI …

  1. Adaptasi
  2. Depresi
  3. Regresi
  4. Resesi

 

Jawaban yang tepat atas sinonim (persamaan kata)di atas adalah Adaptasi (A). Adaptasi memiliki persamaan kata dengan Aklimatisasi.

 

  • Tes Antonim (Lawan Kata)

Tes Antonim ini adik-adik diminta untuk mencari lawan kata atau kata yang bertentangan dengan kata tertentu.

 

                Contoh Tes Antonim:

INTERIM …

  1. Selamanya
  2. Berlanjut
  3. Berkuasa
  4. Tersingkir

 

Selamanya adalah lawan kata dari Interim. Sehingga jawaban yang tepat adalah A.

 

  • Pemahaman Bacaan

Dalam tes ini adik-adik akan diberikan bacaan, dan selanjutnya diminta untuk menjawab pertanyaan sesuai dengan bacaan yang diberikan tersebut. Pemahaman Bacaan merupakan soal dimana adik-adik akan diberikan sebuah berita terkini / fakta. Biasanya terdiri diatas 3 paragraf. Setelah itu, kalian diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan di bawahnya yang berkaitan dengan berita tersebut. Bagian ini biasanya terdiri dari 3 Berita yang berbeda dan total 10 soal.

Tips untuk menyelesaikan tes jenis ini adalah adik-adik diusahakan untuk membaca soal terlebih dahulu sebelum membaca bacaan yang diberikan tersebut. Membaca soal terlebih dahulu memudahkan adik-adik agar tidak membuang-buang waktu untuk membaca soal selama dua kali.

 

  1. Tes Kuantitatif

Tes ini adalah tes yang berisi soal aritmetika (hitungan angka seperti tambah, kali, bagi, akar, pangkat, trigonometri, dll), soal seri angka, soal logika angka, dan soal formulasi angka dalam cerita. Tes ini bertujuan mengetahui kemampuan adik-adik dalam hal kemampuan berhitung dan berpikir secara logis terstruktur. Tes Kemampuan Kuantitatif juga ditujukan untuk mengukur kemampuan mencerna, menganalisis, dan menarik kesimpulan serta mengukur tingkat kecerdasan, kecermatan, sekaligus ketelitian dalam memandang permasalahan secara terpadu (terintegrasi), sistematis, dan menyeluruh dari berbagai arah/sudut/segi/sisi. Bagian ini merupakan yang paling menguji kemampuan perhitungan secara mendasar. Jumlah materi yang diujikan sebanyak 40-45 soal.

 

Materi tes kuantitatif meliputi:

  • Aritmatika (Hitungan)

Operasi dasar aritmetika yang diujikan seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, presentasi, akar kuadrat, pemangkatan, logaritma, dan lain sebagainya.

  • Seri (Deret bilangan)

Pada materi ini adik-adik diminta untuk melanjutkan bilangan selanjutnya yang merupakan kelanjutan dari bilangan sebelumnya.

  • Logika Aritmatik (Hitungan dengan soal cerita)
  • Logika Bilangan (Komparasi kuantitatif)

 

  1. Tes Logika (Kemampuan Penalaran)

Tes logika adalah tes yang berfungsi mengukur kemampuan seseorang dalam penalaran dan pemecahan persoalan secara logis atau masuk akal.Kemampuan Penalaran juga merupakan soal dimana adik-adik akan diuji seberapa besar ketelitian dan kedalaman berpikir kita dalam menghadapi sebuah masalah. Penalaran biasanya terdiri dari Barisan Logika dan Silogisme. Penalaran ialah hasil dari cara kita berfikir, penalaran biasanya berhubungan dengan logika. Penalaran berkaitan erat dengan bagaimana manusia mencapai kesimpulan-kesimpulan tertentu baik dari premis langsung maupun tidak langsung.

Tes logika terdiri dari materi:

  • Tes Analisa Penyataan dan Kesimpulan

Dalam tes ini adik-adik diminta untuk menarik kesimpulan dari pernyataan yang diberikan.

 

Contoh Tes Analisa Pernyataan dan Kesimpulan:

Semua ponsel ada fasilitas SMS. Sebagian ponsel ada fasilitas internet.

  1. Semua ponsel ada fasilitas SMS dan internet
  2. Sebagian ponsel ada fasilitas SMS dan internet
  3. Sebagian ponsel ada fasilitas internet namun tidak ada fasilitas SMS
  4. Semua yang ada fasilitas internet selalu ada fasilitas SMS

 

Jadi, kesimpulan yang tepat dari pernyataan di atas adalah Sebagian ponsel ada fasilitas SMS dan internet (B).

 

  • Tes Logika Cerita

Dalam tes ini akan diberikan sebuah cerita dimana adik-adik diminta untuk memilih logika yang sesuai dengan petunjuk cerita yang diberikan.

 

                Contoh Tes Logika Cerita:

Dalam rangka seleksi calon anggota, tim bola basket putri melakukan pengukuran tinggi badan. Anis lebih tinggi daripada Bunga. Tinggi Centika saa dengan tinggi Esty. Fentya lebih tinggi daripada Dwiyah. Hanya ada dua peserta yang tinggi badannya sama.

 

Jika Centika lebih tinggi daripada Enis maka …

  1. Anis lebih tinggi daripada Esty
  2. Esty lebih tinggi daripada bunga
  3. Centika lebih tinggi daripada Dawiyah
  4. Fentya lebih tinggi daripada Bunga

 

Jawaban yang sesuai atas cerita di atas adalah Esty lebih tinggi daripada Anis.

 

  1. Tes Spasial atau Tes Gambar

Tes Spasial atau tes gambar adalah tes yang berfungsi mengukur daya logika ruang yang dimiliki seseorang dan mengukur kecerdasan seseorang dalam hal dimensi keruangan (space).Kemampuan yang diuji adalah kemampuan atau kecerdasan gambar dan memvisualisasikannya. Kecerdasan ini melibatkan kemampuan untuk memvisualisasikan gambar di dalam kepala seseorang atau menciptakannya dalam bentuk 2 atau 3 dimensi. Jumlah 5-10 soal.

Contoh Tes Spasial:

Jawaban yang benar adalah D. Karena merupakan pola selanjutnya dan jumlah dari titik hitam tersebut merupakan penjumlahan dari titik hitam pada pola terakhir.

 

  1. B.    TES BAHASA INGGRIS

 

TBI sebagai salah satu materi ujian yang juga diujikan bertujuan untuk menguji sejauh mana kemampuan calon mahsiswa pada ilmu verbal yaitu bahasa Inggris. Bahasa Inggris yang diujikan pada USM STAN levelnya seperti TOEFL. Kemampuan grammar amat penting untuk menaklukan tes TBI.

 

Materi yang diujikan dalam tes Bahasa Inggris adalah ..

  1. Structure and Written Expression

Materi yang diujikan pada bagian Structure and Written Comprehension adalah pemahaman adik-adik terhadap grammar. Materi grammar tersebut antara lain:

–          Tenses

–          Conditional Sentence

–          Modals

–          Clauses

–          Infinitive and gerund

–          Subjunctive

–          Causative

–          Passive Voice

–          Conjuction, dsb

  1. Error Recognition

Pada bagian Error Recognition ini adik-adik diminta untuk menemukan struktur yang salah berdasarkan opsi yang diberikan. Kata yang salah tersebut bisa karena struktur grammar yang salah dan semacamnya. Pemahaman grammar yang baik akan membantu adik-adik dalam menjawab pertanyaan dalam materi ini.

 

                Contoh Error Recognition:

The blueberry muffins made by(A) your mother are (B) as delicious with(C) that the made  (D)

Dari kalimat di atas, kata/struktur yang salah adalah opsi B . Jawaban yang tepat adalah as delicious as atau merupakan possitive comparison, bukan as delicious with.

 

  1. Reading Comprehension

Sama halnya dengan tes bacaan dalam TPA, dalam reading comparisonadik-adik di sini akan diberikan bacaan dan selanjutnya diminta untuk menjawab pertanyaan sesuai dengan bacaan yang diberikan tersebut. Pemahaman Bacaan merupakan soal dimana adik-adik akan diberikan sebuah berita terkini/fakta. Setelah itu, kalian diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan di bawahnya yang berkaitan dengan berita tersebut.

 

 

Tes tertulis dilaksanakan serentak bersamaan di berbagail lokasi tes tertulis yang diadakan di seluruh Indonesia. Tes tulis ini merupakan babak seleksi yang menyisihkan banyak peserta USM STAN. Jadi, jangan lupa berlatih untuk menaklukan tes yang paling banyak mengguguran peserta USM STAN ini ya.