Lima Hal Unik dalam USM PKN-STAN – Ujian Saringan Masuk (USM) merupakan pintu gerbang yang harus adik-adik lalui apabila ingin menjadi mahasiswa PKN-STAN. Di dalam USM itu sendiri ternyata banyak juga hal-hal unik yang perlu adik-adik tahu. Berikut ini kami sampaikan lima hal unik dalam USM PKN-STAN

Lebih Banyak Siswa dari Jurusan IPA

Kalo adik-adik mengira di USM ini didominasi oleh anak IPS atau mungkin anak SMK jurusan akuntansi, perkiraan adik-adik salah. Karena setiap tahun pelaksanaan USM didominasi oleh anak-anak jurusan IPA, yang notabene masih asing dengan akuntansi. Hal ini dikarenakan dalam USM tidak ada satupun soal tes tulis yang berkaitan langsung dengan akuntansi. Selain itu persyaratan yang ditetapkan tidak membatasi anak-akan IPA untuk mengikuti USM.

Pengumuman Hasil USM yang Prematur

Prematur di sini bukan dalam artian negatif ya. Setiap pengumuman timeline USM selalu disediakan informasi mengenai jadwal USM dari mulai pendaftaran online hingga pengumuman akhir. Namun pengumuman hasil ujian seringkali lebih cepat dua sampai tiga hari dibandingkan dengan jadwal yang sudah ditentukan sebelumnya. Misalnya dalam jadwal dikatakan hasil USM diumumkan tanggal 6 Juni. Namun pada tanggal 3 atau 4 Juni biasanya hasil USM sudah diumumkan di situs PKN-STAN

Pakaian ‘sopan’ ala USM

Apa bayangan adik-adik ketika mendengar kata pakaian sopan? Mungkin ada yang jawab tertutup, kemeja ditambah celana panjang, memakai rok bagi perempuan, tidak mengenakan pakaian ketat, dan lain-lain. Definisi itu boleh teman-teman gunakan saat pelaksanaan tes tulis (misalnya adik-adik memakai kemeja flannel ditambah celana jeans). Namun perlu diperhatikan bahwa pakaian itu jangan sampai dikenakan saat wawancara. Karena definisi sopan saat melakukan tes wawancara adalah mengenakan kemeja putih serta celana/rok bahan berwarna hitam. Soalnya terjadi beberapa kasus peserta yang mengenakan celana jeans saat hendak wawancara diminta untuk mengganti pakaiannya oleh petugas kemanan loh.

Saat tes kesehatan kamu bisa mengulang

Maksud mengulang di sini tidak serta merta seluruh prosesnya bisa kamu ulang ya. Hanya beberapa bagiannya saja. Seperti misalnya saat cek tekanan darah. Mungkin banyak adik-adik yang merasa grogi atau kurang tidur di malam sebelumnya sehingga menyebabkan tekanan darah terlalu tinggi atau rendah. Bila terjadi hal seperti itu, biasanya si pemeriksan mengizinkan adik-adik untuk menenagkan diri dulu agar saat diperiksa kembali tekanan darahnya bisa kembali normal.

Saking penuhnya, Jakarta memiliki 2 tempat ujian!

Karena peserta USM yang memilih lokasi Jakarta sangat banyak, maka pihak PKN-STAN membuka dua tempat ujian; yaitu kampus PKN-STAN dan Gelora Bung Karno (GBK). Untuk adik-adik yang mendapat tempat di PKN-STAN bisa lebih nyaman karena disediakan meja dan kursi. Namun bagi adik-adik yang mendapat tempat di GBK, persiapkan saja badanmu dan papan krani mu karena kamu akan mengerjakan ujian di tribun penonto, yang mana tidak ada meja di sana.

Kunjungi situs bimbelinfinity.co.id/blog untuk info terbaru seputar USM dan PKN STAN

Infinity Academy