Lima Instansi Paling Diminati Lulusan PKN STAN 2016

Lima Instansi Paling Diminati Lulusan PKN STAN 2016

Taukah adik-adik jika sebagian besar lulusan dari PKN STAN kelak akan ditempatkan dan bekerja di kementrian keuangan?. Kementrian keuangan sendiri didalamnya terdapat 11 unit Eselon I atau instansi, dari 11 unit tersebut ada 5 unit yang paling banyak diminati oleh lulusan PKN STAN. Ingin tau instansi apa saja yang paling banyak diminati? Yuk simak Lima Instansi Paling Diminati Lulusan PKN STAN 2016 berikut ini.

Berdasarkan survei yang dilakukan terhadap lulusan PKN STAN tahun 2016, berikut 5 instansi yang paling banyak diminati.

  1. Direktorat Jenderal Pajak(DJP)

    DJP merupakan instansi yang mengurus penerimaan negara dari segi perpajakan sesuai yang diatur dalam ketentuan perundang-undangan.  Amanah yang diemban terkait penyelenggaraan perumusan dan pelaksanaan kegiatan dibidang pajak. Instansi ini bertugas dalam bidang pemberian penyuluhan pajak kepada masyarakat, pelayanan pajak kepada Wajib Pajak, dan melakukan pemeriksaan pajak.

  2. Direktorat Jenderal Bea dan Cukai(DJBC)

    Instansi kedua yang paling banyak diminati yaitu DJBC. Disamping DJP, ada DJBC yang juga mengurus penerimaan negara dari segi perpajakan. Akan tetapi lingkup pajaknya tidak seluas DJP, diantaranya dalam bentuk bea, cukai dan pungutan lainnya. Selain itu salah satu tugas penting dari DJBC sendiri yaitu melindungi masyarakat dari masuknya barang-barang berbahaya.

  3. Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan(Setjen Kemenkeu)

    Setjen di kementrian keuangan menjadi salah satu instansi paling banyak diminati terutama bagi lulusan yang tidak ingin ditempatkan di daerah. Hal tersebut dikarenakan Setjen Kemenkeu sendiri hanya memiliki satu kantor di daerah Pasar Baru, Jakarta Pusat. Instansi ini sebagai penghubung antar unit yang melaksanakan koordinasi pelaksanaan tugas, pembinaan, dan pemberian dukungan administrasi kepada seluruh unsur organisasi dilingkungan Kementerian Keuangan. Selain itu, Setjen berada dibawah dan bertanggung jawab langsung kepada Menteri Keuangan.

  4. Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan(Itjen Kemenkeu)

    Lembaga ini merupakan satuan pengawas intern di Kementerian Keuangan yang bertugas mengawasi kegiatan instansi-instansi yang berada di Kementerian Keuangan. Hal tersebut dilakukan agar dalam pelaksanaan tugasnya sesuai dengan sistem atau prosedur yang sudah ditetapkan. Terdapat 8 inspektorat didalam Itjen Kemenkeu, yang tiap-tiap inspektorat memiliki cakupan wilayah pengawasan masing-masing.

  5. Badan Kebijakan Fiskal(BKF)

    Badan Kebijakan Fiskal memiliki tugas terkait penyelenggaraan perumusan, penetapan, dan pemberian rekomendasi kebijakan fiskal dan sektor keuangan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. Beberapa fungsi penting BKF antara lain pelaksanaan kerja sama ekonomi dan keuangan internasional; pelaksanaan pemantauan dan evaluasi kebijakan fiskal dan sektor keuangan serta kerja sama ekonomi dan keuangan internasional; dan pelaksanaan administrasi BKF.

     

Artikel Terkait:

  1. Profil DJPB
  2. Profil DJP
  3. Profil DJBC
  4. Profil BKF
  5. Profil DJA

 

Posted in Blog and tagged , , , , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published.