Seseorang yang ingin melanjutkan pendidikannya, tentu harus mengetahui mengenai sekolah yang ingin dia tuju. Informasi tersebut dibutuhkan sebagai bekal agar seseorang tersebut lebih mengenal dan lebih mantap dalam memutuskan keputusannya, tak terkecuali pula bagi adik-adik yang ingin melanjutkan kuliah di STAN. Mungkin masih banyak di antara kalian yang bertanya-tanya apa itu STAN dan hal-hal lain mengenai STAN. Biar pilihan kalian untuk memilih STAN lebih mantap dan yakin, kali ini Bimbel Infinity akan mengajak adik – adik untuk mengenal lebih dekat dengan Kampus STAN, di sini akan dijelaskan informasi mengenai kampus tujuan kita ini. Tak kenal maka tak sayang bukaaan…

Apa itu STAN?

                         Sekolah Tinggi Akuntansi Negara atau disingkat STAN adalah salah satu pendidikan tinggi kedinasan yang berada di Indonesia. STAN sendiri merupakan pendidikan tinggi yang berada di bawah naungan Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan Republik Indonesia. STAN didirikan dengan dasar hukum Keputusan Presiden RI No.45 Tahun 1974 juncto Keputusan Presiden RI No.12 Tahun 1967 serta dengan landasan hukum Peraturan Menteri Keuangan RI No.1/PMK/1977 tanggal 18 Februari 1977.

 

Program Studi di STAN?

STAN mengadakan program pendidikan untuk Program Diploma I dan Diploma III Keuangan, dimana program Diploma I ditempuh dalam masa pendidikan 1 tahun (2 semester) dan program Diploma III ditempuh dalam waktu 3 tahun (6 semester). Pendidikan untuk program Diploma I ini pun bertempat di Kampus STAN Bintaro dan berbagai pusdiklat-pusdiklat yang berada di Daerah, sedangkan untuk program Diploma III hanya bertempat di Kampus STAN Bintaro dan Pusdiklat Bea dan Cukai Rawamangun (khusus untuk Program Diploma III Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai). Lokasi pendidikan STAN dapat dilihat di sini >>(Link ke artikel Lokasi Pendidikan STAN).

Program studi yang diselenggarakan oleh STAN untuk lulusan SMA, Madrasah Aliyah, SMK atau sederajatnya adalah pendidikan Program Diploma I dan III Keuangan dengan spesialisasi sebagai berikut :

  • Prodip I / III Keuangan Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai
  • Prodip I / III Keuangan Spesialisasi Kebendaharan Negara
  • Prodip I / III Keuangan Spesialisasi Pajak
  • Prodip III Keuangan Spesialisasi Pengurusan Piutang dan Lelang Negara
  • Prodip III Keuangan Spesialisasi Pajak Bumi dan Bangunan / Penilai
  • Prodip III Keuangan Spesialisasi Akuntansi

 

Jumlah Spesialisasi yang dibuka maupun jumlah mahasiswa yang diterima tiap tahunnya bisa saja berbeda. Hal tersebut dikarenakan jumlah tersebut disesuaikan dengan kebutuhan pegawai di masa yang akan datang. Pada tahun 2010, STAN menerima mahasiswa untuk semua Spesialisasi, sedangkan pada tahun 2011, STAN hanya membuka program Diploma I untuk Spesialisasi pajak dan Bea cukai. Dan pada tahun 2012, STAN sama sekali tidak membuka pendaftaran.

STAN juga menyelenggarakan program studi non-reguler yang ditujukan untuk orang yang sudah bekerja dan ingin melanjutkan pendidikannya. Jadi adik-adik yang merupakan lulusan SLTA tidak dapat mendaftar pada program ini. Program studi non reguler yang diselenggarakan oleh STAN adalah :

  • Prodip IV Keuangan Spesialisasi Akuntansi
  • Prodip III Keuangan Spesialisasi Akuntansi dengan Kurikulum Khusus (Ajun Akuntan Khusus)
  • Prodip III Keuangan Spesialisasi Pajak dengan Kurikulum Khusus
  • Program Pendidikan Pembantu Akuntan (PA)

 

Untuk informasi lebih lengkap mengenai Spesialisasi-spesialisasi yang ada di STAN, dapat mengunjungi link berikut >>(Kasih link Artikel Spesialisasi).

Biaya Pendidikan di STAN?

Berbicara mengenai biaya, STAN tidak sedikitpun memungut biaya dari mahasiswanya, entah itu uang pangkal maupun uang per semester. Biaya selama menjalani pendidikan di STAN sepenuhnya ditanggung oleh pemerintah. Jadi mahasiswa STAN tidak perlu cemas tidak dapat melanjutkan kuliahnya karena terhambat oleh dana atau belum membayar uang semester, karena semuanya GRATIS tiis tiiiiissss.

Namun,STAN tidak menyediakan asrama untuk mahasiswanya. Oleh karena itu, biaya hidup dan penginapan ditanggung oleh mahasiswa sendiri. Biaya hidup dan kos-kosan di STAN tidak terlampau mahal. Murah atau tidaknya biaya hidup selama di STAN tergantung dari mahasiswa itu sendiri dalam mengelola keuangannya masing-masing.

 

Prospek Kerja di STAN?

Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) merupakan perguruan tinggi kedinasan yang berada  di bawah naungan Kementerian Keuangan Republik Indonesia.  Atas dasar itulah maka mahasiswa/i STAN dididik dengan materi khusus agar nantinya siap untuk bekerja di instansi-instansi di bawah naungan Kementerian Keuangan, seperti Direktorat Jenderal Pajak, Direktorat Bea dan Cukai, dan Unit Eselon I Kementerian Keuangan lainnya.

Setelah lulus di STAN bisa dikatakan kita tidak terlalu pusing memikirkan dimana kita akan bekerja nantinya, serta tidak perlu melamar pekerjaan. Semua itu karena STAN adalah sekolah kedinasan, dimana mahasiswa STAN nantinya akan ditempatkan di instansi-instansi Unit Eselon I di bawah naungan Kementrian Keuangan. Adapun Unit Eselon I tersebut antara lain.

Sekretariat Jenderal (Setjen) Kemenkeu RI

Setjen Kemenkeu mempunyai tugas melaksanakan koordinasi pelaksanaan tugas serta pembinaan dan pemberian dukungan administrasi Kementerian Keuangan.

Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemenkeu RI

Itjen Kemenkeu mempunyai tugas melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas di lingkungan Kementerian Keuangan.

Direktorat Jenderal Pajak (DJP)

Ditjen Pajak mempunyai tugas merumuskan serta melaksanakan kebijakan dan standardisasi teknis di bidang perpajakan.

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC)

Ditjen Bea dan Cukai mempunyai tugas merumuskan serta melaksanakan kebijakan dan standardisasi teknis di bidang kepabeanan dan cukai.

Direktorat Jenderal Anggaran (DJA)

Ditjen Anggaran mempunyai tugas merumuskan serta melaksanakan kebijakan dan standardisasi teknis di bidang penganggaran.

Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb)

Ditjen Perbendaharaan mempunyai tugas merumuskan serta melaksanakan kebijakan dan standardisasi teknis di bidang perbendaharaan negara.

Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN)

Ditjen Kekayaan Negara mempunyai tugas merumuskan serta melaksanakan kebijakan dan standardisasi teknis di bidang kekayaan negara, piutang negara dan lelang.

Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK)

Ditjen Perimbangan Keuangan mempunyai tugas merumuskan serta melaksanakan kebijakan dan standardisasi teknis di bidang perimbangan keuangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah.

Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang (DJPU)

Ditjen Pengelolaan Utang mempunyai tugas merumuskan serta melaksanakan kebijakan dan standardisasi teknis di bidang pengelolaan utang.

Badan Kebijaksanaan Fiskal (BKF)

BKF mempunyai tugas melaksanakan analisis di bidang kebijakan fiskal dan kerjasama internasional.

Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK)

BPPK mempunyai tugas melaksanakan pendidikan dan pelatihan di bidang keuangan negara.

 

Itulah informasi mengenai seputar STAN yang tentunya penting buat adik-adik ketahui. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat dalam menambah wawasan adik-adik mengenai kampus STAN tujuan kalian iniJ.

Infinity Academy