Pasang Strategi USM yang Tepat Dengan Memahami Nilai Mati

Pasang Strategi USM yang Tepat Dengan Memahami Nilai Mati

Pasang Strategi USM yang Tepat Dengan Memahami Nilai Mati – Bagaimana persiapan USM PKN STAN adik-adik? Sudah tau belum berapa nilai minimal yang harus adik-adik peroleh agar bisa lulus USM tulis dan TKD?  Yuk, simak sedikit penjelasan berikut biar lebih memahami nilai mati itu sendiri, dan bisa menerapkan strategi belajar yang sesuai.

Untuk soal TPA dan TBI memiliki proporsi yang sama terkait jumlah minimal soal yang harus dijawab benar, yaitu 1/3 dari jumlah soal yang diujikan. Soal TPA yang diujikan sebanyak 120 soal, sehingga minimal harus ada 40 soal yang dapat adik-adik jawab dengan benar. Soal TBI yang diujikan ada 60 soal, jadi minimal  ada 20 soal yang harus dijawab dengan benar.

Perlu diingat bahwa untuk lulus USM tulis tahap I ini, adik-adik harus melewati nilai mati baik untuk TPA dan TBI. Jika jumlah soal TPA yang mampu adik-adik jawab dengan benar 97 soal dan TBI 15 soal, adik-adik tetap tidak lulus meski nilai TPA adk-adik tinggi karena ada nilai mati pada TBI. Begitu juga sebaliknya, jika soal TPA yang mampu adik-adik jawab dengan benar 37 soal dan TBI 57 soal, adik-adik tetap tidak lulus karena meski nilai TBI tinggi tetapi ada nilai mati di TPA.

(Artikel terkait: penjelasan lebih lanjut mengenai TPA, TBITKD, Nilai Mati Bisa Dilewati)

Lalu, kalau nilai mati sudah dilewati apa kami otomatis lulus USM tulis tahap I ini, Kak?

Belum tentu, karena nantinya adik-adik akan dirangking secara nasional untuk menentukan lulus atau tidaknya. Sehingga, sangat disarankan selain melewati nilai mati, nilai yang diperoleh juga harus tinggi. Jadi jangan lelah untuk belajar dan berdoa yaa.

PANRB No. 29 Tahun 2014 Tentang Nilai Ambang Batas TKD Seleksi CPNS Tahun 2014 menetapkan passing grade untuk TKD sebesar:

  • TKP dengan jumlah soal 35 dan nilai maksimal 175, ditetapkan passing grade 72%;
  • TIU dengan jumlah soal 30 dan nilai maksimal 150, ditetapkan passing grade 50%; dan
  • TWK dengan jumlah soal 35 dan nilai maksimal 175, ditetapkan passing grade 40%.

Sehingga secara kuantitatif nilai tiap-tiap subTKD yang harus dicapai yaitu.

Kriteria Nilai Ambang Batas Nilai Ambang Batas

(Passing Grade)

72% dari Nilai Maksimal Tes Karakteristik Pribadi(TKP)

 

126
50% dari Nilai Maksimal Tes Intelegensia Umum(TIU)

 

75
40% dari Nilai Maksimal Tes Wawasan Kebangsaan(TWK) 70

 

Nilai ambang batas tersebut tidak berlaku kumilatif ya adik-adik, sehingga tiap subTKD harus melewati passing grade tersebut. Penilaiannya sendiri untuk TIU dan TWK mendapatkan nilai 5 jika benar dan 0 jika salah. Sedangkan untuk TKP penilaiannya menggunakan poin progresif 1-5.

Ayo Menjadi Bagian dari Kami

Untuk menjadi bagian dari PKN STAN, tentu adik-adik harus melewati the one and only gerbang masuk menuju PKN STAN, yaitu USM. Perlu persiapan yang matang tentunya untuk bisa tembus USM yang memang terkenal memiliki tingkat persaingan yang ketat. Bimbel Infinity hadir untuk membantu adik-adik dalam mempersiapkan diri dalam menghadapi USM. Dengan segala program pembelajaran yang ditawarkan, plus para pengajar yang merupakan mahasiswa PKN STAN itu sendiri, membuat adik-adik mendapatkan pengalaman yang luar biasa dalam mempersiapkan USM.

Oleh karena itu, ayo bergabung bersama kami di Bimbel Infinity! Untuk info lebih lanjut kunjungi halaman bimbelinfinity.co.id

Posted in Blog and tagged , , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published.