Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) merupakan perguruan tinggi kedinasan yang berada  di bawah naungan Kementerian Keuangan Republik Indonesia.  Atas dasar itulah maka mahasiswa/i STAN dididik dengan materi khusus saat pasca kuliah agar nantinya siap untuk bekerja di instansi-instansi di bawah Kementerian Keuangan.

Beberapa orang mungkin masih mempertanyakan mengenai status pendidikan yang dimiliki oleh STAN begitu pula dengan status dari lulusan STAN itu sendiri. Pendidikan STAN memakai sistem ikatan dinas sebagaimana ditegaskan dalam Keputusan Menteri Keuangan RI No.289/KMK.014/2004 tanggal 14 Juni 2004 tentang Ketentuan Ikatan Dinas bagi Mahasiswa Program Diploma Bidang Keuangan di Lingkungan Departemen Keuangan RI dimana kemudian diperbaharui kembali dengan diterbitkannya PMK Nomor 188/PMK.01/2014 tentang Ikatan Dinas STAN.

Lulusan STAN akan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang nantinya menjadi Pegawai Negeri Sipil dan ditempatkan di instansi-instansi dalam lingkungan Kementerian Keuangan RI dan instansi-instansi pemerintah lainnya, baik di pusat maupun di daerah, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.