Pendalaman TKD – Nah, di artikel sebelumnya kakak sudah sedikit membahas apa itu tes kompetensi dasar atau TKD beserta cakupan soal serta nilai mati TKD. Sekarang kakak akan sedikit share mengenai materi terkait TKD yang mesti adik-adik siapkan.

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Sebanyak 35 soal TWK yang diujikan kebanyakan berkenaan dengan pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan(PKn) juga ada sedikit unsur sejarah didalamnya. Konsep hubungan antar Pancasila dengan Pembukaan dan Batang Tubuh UUD 1945 dan Proklamasi. Terkait juga didalamnya peristiwa-peristiwa penting dalam sejarah baik itu di Indonesia maupun di dunia. Selain itu konsep Bninneka Tunggal Ika beserta NKRI juga ada. Adik-adik juga cukup perlu mempelajarai UUD 1945 yaa, baik dari segi isi pasalnya, juga amandemennya, misalnya pasal berapa saja yang sudah diamandemen empat kali atau baru diamandemen dua kali.

Tes Intelegensia Umum (TIU)

Untuk TIU ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan TPA yang adik-adik kerjakan saat USM Tahap I. Sebanyak 30 soal mencakup sinonim, antonim, analogi, pemahaman bacaan, deret angka dan huruf, berhitung cepat, matematika aljabar, geometri, penalaran logis, dan analitis. Disini, karena adik-adik sebelumnya sudah pernah berlatih saat mengerjakan TPA, maka yang perlu dibenahi mungkin kecepatan dan ketepatan adik-adik dalam menjawab. Selain itu, adik-adik juga harus lebih teliti dan tenang saat mengerjakan TKD nantinya, terutama untuk soal penalaran logis dan analitis. Usahakan jangan ada jawaban kosong yaa, karena disini tidak diisi atau salah nilainya sama yaitu 0.

Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Untuk tes yang satu ini, tidak ada jawaban benar atau salah. Karena setiap respon atau sikap adik-adik terhadap suatu kasus memiliki nilai tersendiri dengan skala 1-5 pada masing-masing jawaban. Meski demikian, pasti ada salah satu jawaban atau respon yang meski mungkin tidak kita pikirkan atau lakukan tetapi mencerminkan sikap atau respon ideal yang seharusnya kita lakukan. Nah, dalam case tersebut jika adik-adik jeli dan tau respon mana yang ideal dengan case, maka kakak menyarankan untuk memilih jawaban tersebut karena biasanya poinnya lebih tinggi dari jawaban-jawaban yang lain.

Out from the topic, kakak melihat TKP ini dapat menjadi salah satu sarana bagi kita untuk menilai diri kita sendiri. Sudahkah kita bersikap terhadap suatu keadaan seperti sikap yang seharusnya, atau kita sekedar mengedepankan ego dan menjaga diri kita sendiri? Jawaban hanya Tuhan dan diri masing-masing yang tau yaa. Jangan lelah untuk berusaha dan memperbaiki diri untuk hari esok yang lebih baik.

 

Artikel terkait:

  1. Mengenal TPA TBI
  2. Mengenal TKD
  3. Pendalaman TPA
  4. Pendalaman TBI