Sekolah Tinggi Akuntansi memiliki 2 (dua) Program Diploma untuk pendidikannya, yaitu Program Diploma 1 dan Program Diploma 3. Mayoritas adik-adik pasti ingin diterima di program Diploma III. Namun, tidak menutup kemungkinan pula adik-adik diterima di Program Diploma I.  Masing-masing prodip memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Di sini akan kita bahas mengenai apa saja perbedaan dari Program Diploma I dan Program Diploma III yang mungkin belum adik-adik ketahui.

                         Pada dasarnya, baik pendidikan Diploma I maupun Diploma III Keuangan STAN memiliki kesamaan yaitu sama-sama merupakan anak didik Sekolah Tinggi Akuntansi Negara yang nantinya akan ditempatkan di instansi-instansi pemerintah di bawah naungan Kementerian Keuangan. Baik Prodip I maupun Prodip III juga seleksi masuknya sama yaitu sama-sama melewati Ujian Saringan Masuk (USM) STAN untuk penerimaan mahasiswanya. Namun, ada hal-hal lainnya yang membedakan kedua Prodip tersebut, seperti lamanya masa pendidikan, spesialisasi, golongan, dan sebagainya. So, let’s check this out! J

Masa Pendidikan

                         Program Diploma I STAN ditempuh dalam masa pendidikan 1 tahun (2 semester). Sedangkan untuk Program Diploma III ditempuh dalam masa pendidikan 3 tahun (6 semester). Setiap semesternya STAN menerapkan sistem drop out bagi mahasiswanya yang sudah dinyatakan tidak layak lagi mengikuti pendidikan di STAN. Oleh karena masa pendidikan Prodip I hanya 1 tahun atau 2 semester, maka kemungkinan  untuk ter-DO lebih kecil dibandingkan dengan Prodip III yang harus melewati 6 semester di STAN.

Tempat Kuliah

                         Pendidikan untuk program Diploma I ini bertempat di Kampus STAN Jakarta dan Balai Diklat Keuangan yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia, yaitu Medan, Palembang, Yogyakarta, Malang, Balikpapan, Makassar, Cimahi, Manado, dan sebagainya. Sedangkan, Pendidikan untuk program Diploma III ini hanya bertempat di Kampus STAN Jakarta, yaitu Kampus STAN yang berlokasi di Bintaro dan Pusdiklat Bea dan Cukai yang berlokasi di Rawamangun. Khusus untuk Pusdiklat Bea dan Cukai adalah lokasi pendidikan untuk program studi Diploma III Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai. Jadi, program D-III selain Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai pendidikannya semua terpusat di Kampus STAN Bintaro.

Spesialisasi

Program Diploma I hanya membuka untuk beberapa spesialisasi saja, sedangkan Program Diploma III membuka untuk seluruh spesialisasi. Dibukanya spesialisasi dan jumlah dari peserta didik yang diterima di spesialisasi tersebut adalah menyesuaikan dengan kebutuhan pegawai di masa yang akan datang.

Adapun Spesialisasi pada Program Diploma I adalah sebagai berikut.

  • Prodip I  Keuangan Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai
  • Prodip I  Keuangan Spesialisasi Kebendaharan Negara
  • Prodip I  Keuangan Spesialisasi Pajak
  • Prodip I Keuangan SpesialisasiKebendaharaan Negara

 

Program Diploma III membuka untuk seluruh spesialisasi, yaitu:

  • Prodip III Keuangan Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai
  • Prodip III Keuangan Spesialisasi Kebendaharan Negara
  • Prodip III Keuangan Spesialisasi Pajak
  • Prodip III Keuangan Spesialisasi Pengurusan Piutang dan Lelang Negara
  • Prodip III Keuangan Spesialisasi Pajak Bumi dan Bangunan / Penilai
  • Prodip III Keuangan Spesialisasi Akuntansi

 

Masa Ikatan Dinas

                Masa ikatan dinas menurut Peraturan Menteri Keuangan Nomor 188/PMK.01/2014 adalah menggunakan rumus 3n+1 dimana n adalah lamanya masa tempuh pendidikan. Oleh karena itu, untuk Program Diploma I yang masa pendidikannya 1 tahun, maka masa ikatan dinas adalah selama 4 tahun (3(1)+1). Sedangkan untuk Program Diploma yang masa pendidikannya selama 3 tahun, maka masa ikatan dinas adalah selama 10 tahun (3(3)+1).

Golongan

Setelah lulus dan diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), lulusan DI akan diangkat menjadi pegawai golongan II-A, sedangkan lulusan DIII akan diangkat menjadi pegawai golongan II-C. Kenaikan pangkat PNS tiap tingkatan (dari II-A ke II-B dari II-B ke II-C dan seterusnya) yaitu empat tahun sekali dan dimungkinkan kenaikan pangkat dapat dipercepat dengan kesetaraan pangkat. Hal itu dapat dilakukan dengan menempuh pendidikan di luar jam kerja.Selain itu ada jabatan fungsional pegawai, dimana kebanyakan dari mereka lebih cepat naik pangkat dari pada pejabat struktural.

Gaji

                Untuk besarnya gaji sendiri masing-masing golongan mempunyai jumlah besaran gaji pokok yang berbeda, tentunya semakin tinggi golongan semakin tinggi pula besarnya gaji yang didapat. Namun, besarnya gaji tersebut dapat pula berbeda sesuai dengan instansi mana yang ditempati bekerja. Hal ini karena masing-masing instansi memiliki tunjangan gaji yang berbeda-beda, seperti instansi Direktorat Jenderal Pajak yang memiliki tunjangan gaji paling tinggi di antara instansi-instansi lain di Kementerian Keuangan.

Melanjutkan Pendidikan

Buat adik-adik yang diterima di Program Diploma I tidak perlu khawatir jika ingin melanjutkan pendidikan. Hal ini karena STAN sendiri membantu adik-adik untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Untuk adik-adik yang lulus Program Diploma I, dapat melanjutkan pendidikan dengan mengikuti Program Diploma III dengan kurikulum khusus. STAN sendiri membuka Program Diploma III Keuangan Spesialisasi Akuntansi dengan Kurikulum Khusus dan Program Diploma III Keuangan Spesialisasi Pajak dengan Kurikulum Khusus untuk melanjutkan pendidikan adik-adik yang lulus pada Program Diploma I. Setelah lulus Program Diploma III, maka adik-adik dapat melanjutkan kembali ke Program Diploma IV di STAN atau melanjutkan S1 di Perguruan Tinggi lainnya, setelah selesai dapat melanjutkan ke Program Magister, dan Doktor. Sedangkan untuk Program Diploma III, maka adik-adik dapat melanjutkan ke Program Diploma IV yang diadakan di STAN maupun melanjutkan pendidikan ke jenjang S1 di Perguruan Tinggi Lainnya, dilanjutkan ke Program Magister dan Doktor.

Kesempatan belajar lulusan STAN setelah lulus sangat besar. Mahasiswa STAN yang sudah diangkat menjadi PNS dapat mengikuti tes untuk melanjutkan pendidikannya kembali ke jenjang yang lebih tinggi. Biasanya mahasiswa STAN yang melanjutkan ke Program Diploma III Khusus maupun Program Diploma IV adalah yang mengambil tugas belajar, jadi masih berstatus sebagai pegawai dan mendapatkan gaji namun tidak bekerja untuk sementara waktu.

Jika ingin meneruskan pendidikan dengan jalur lain seperti kuliah biasa juga bisa. Namun adik-adik harus pintar membagi waktu karena kuliah tersebut biasanya diadakan setelah jam kerja usai yaitu pada malam hari. Jika kuliah sendiri adik-adik juga bisa menggunakan biaya sendiri maupun beasiswa, tergantung adik-adik diterima di program beasiswa ataupun tidak. Setelah lulus adik-adik bisa mengikuti ujian untuk penyetaraan tingkat dan apabila lolos dapat naik golongannya.

 

            Nah, itu tadi perbedaan dari Program Diploma I dan Program Diploma III. Masing-masing tentunya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Paling penting di sini adalah bagaimana kita pintar-pintar mencermatinya karena kualitas itu kembali pada diri kita masing-masing. Selamat berjuang!

Infinity Academy