Mengenal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) – SKD merupakan tes yang berasal dari Badan Kepegawaian Negara (BKN), yang biasa digunakan untuk tes dasar masuk PNS. SKD terdiri dari bebertapa bagian yaitu tes wawasan kebangsaan, tes intelegensi umum dan tes karakteristik kepribadian. Biasanya tes SKD dilaksanakan saat mahasiswa/I PKN STAN selesai melakukan Praktek Keja Lapangan(PKL). Namun pada tahun 2016 tes SKD menjadi rangkaian SPMB PKN STAN.

Berikut ini hal-hal yang dibahas dalam Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Tes bagian ini akan menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai Empat Pilar Kebangsaan Indonesia yang meliputi.

1) Pancasila

2) Undang Undang Dasar 1945

3) Bhineka Tunggal Ika

4) Negara Kesatuan Republik Indonesia (sistem tata negara Indonesia, baik pada pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, sejarah perjuangan bangsa, peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, dan kemampuan berbahasa indonesia secara baik dan benar)

Tes Intelegensi Umum (TIU)

Tes Intelegensi Umum kurang lebih sama seperti materi TPA, dengan kisi-kisi sebagai berikut:

1) Kemampuan verbal yaitu kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulis,

2) Kemampuan numerik yaitu kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka.

3) Kemampuan berpikir logis yaitu kemampuan melakukan penalaran secara runtut dan sistematis

4) Kemampuan berpikir analitis yaitu kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik.

Tes Karateristik Pribadi (TKP)

Pada dasarnya TKP adalah tes yang menilai sikap dan respon seseorang terhadap kasus yang diajukan atau dengan kata lain menilai kepribadian orang tersebut. Di bagian ini peserta adakan diberikan clue mengenai sikap apa yang sedang diujikan. Sikap sikap tersebut antara lain.

1) Integritas diri.

2) Semangat berprestasi.

3) Kreativitas dan inovasi.

4) Orientasi pada pelayanan.

5) Orientasi kepada orang lain.

6) Kemampuan beradaptasi.

7) Kemampuan mengendalikan diri.

8) Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas.

9) Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan.

10) Kemampuan bekerja sama dalam kelompok.

11) Kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.

Ayo Menjadi Bagian dari Kami

Untuk menjadi bagian dari PKN STAN, tentu adik-adik harus melewati the one and only gerbang masuk menuju PKN STAN, yaitu SPMB. Perlu persiapan yang matang tentunya untuk bisa tembus SPMB yang memang terkenal memiliki tingkat persaingan yang ketat. Bimbel Infinity hadir untuk membantu adik-adik dalam mempersiapkan diri dalam menghadapi SPMB. Dengan segala program pembelajaran yang ditawarkan, plus para pengajar yang merupakan mahasiswa PKN STAN itu sendiri, membuat adik-adik mendapatkan pengalaman yang luar biasa dalam mempersiapkan SPMB.

Oleh karena itu, ayo bergabung bersama kami di Bimbel Infinity! Untuk info lebih lanjut kunjungi halaman bimbelinfinity.co.id