Petunjuk Umum USM STAN

Petunjuk Umum USM STAN

PETUNJUK UMUM USM STAN

PENGERJAAN SOAL UJIAN SARINGAN MASUK (USM)

PROGRAM DIPLOMA I DAN DIPLOMA III SEKOLAH TINGGI AKUNTANSI NEGARA

TAHUN 2014

  1. Naskah soal meliputi 180 buah soal yang terdiri dari 2 bagian :
  • Bagian Pertama  : Tes Potensi Akademik ( no. 1-120), waktu 100 menit.
  • Bagian Kedua      : Tes Bahasa Inggris (no. 121-180), waktu 50 menit

Anda tidak diperkenankan mengerjakan soal bagian pertama (Tes Potensi Akademik) saat telah memasuki bagian kedua (Tes Bahasa Inggris), demikian pula sebaliknya.

 

Tes tertulis terdiri dari dua bagian soal yaitu Tes Potensi Akademik yang terdiri dari 1-120 soal dalam masa pengerjaan 100 menit dan Tes Bahasa Inggris yang terdiri dari 60 soal yang harus dikerjakan dalam kurun waktu 50 menit. Masing-masing bagian soal harus dikerjakan dalam kurun waktu yang sudah ditentukan semula. Oleh karena itu, 100 menit pertama adik-adik harus mengerjakan bagian TPA dan tidak diperkenanankan untuk mengerjakan TBI. Begitu pula, adik-adik tidak diperkenankan mengerjakan soal bagian pertama (Tes Potensi Akademik) saat telah memasuki bagian kedua (Tes Bahasa Inggris).

 

  1. Ketentuan penilaian adalah sebagai berikut :
  • Jawaban benar mendapat nilai 4 (empat).
  • Jawaban salah mendapat nilai -1 (minus satu).
  • Tidak menjawab/tidak mengisi jawaban mendapat nilai 0 (nol).
  • Nilai mati diberlakukan pada masing-masing bagian soal. Anda memperoleh nilai mati jika pada salah satu bagian soal, jumlah jawaban benar yang diperoleh adalah kurang dari 1/3 jumlah soal untuk bagian tersebut.

 

è  Ingat! Ketentuan penilaian di atas harus dicermati dengan baik. Adik-adik harus mengatur strategi sebaik mungkin agar utamanya adik-adik terlebih dahulu harus lolos dari nilai mati yang diberlakukan. Nilai mati diberlakukan pada masing-masing bagian soal dimana jumlah jawaban benar yang diperoleh adalah kurang dari 1/3 dari jumlah soal bagian tersebut. Jadi, untuk lolos nilai mati adik-adik harus berhasil mengerjakan TPA dengan benar sebanyak 40 soal dan TBI sebanyak 20 soal. Setelah itu adik-adik tidak boleh berpuas diri, karena adik-adik harus mengatur strategi pula agar dapat mengerjakan soal TPA dan TBI dengan benar sebanyak-banyaknya agar dapat mendapatkan poin setinggi-tingginya.

 

  1. Anda harus menandatangani DAFTAR HADIR dengan mengisi dan menandatangani daftar hadir berarti Anda menerima/menyetujui semua ketentuan dan tata tertib ujian yang ditetapkan oleh panitia.

 

è  Ini merupakan salah satu prosedur yang harus dilaksanakan tentunya. Pengisian daftar hadir biasanya dilakukan dengan menandatangani kertas daftar hadir. Dengan menandatangani daftar hadir sendiri berarti adik-adik telah menerima/menyetujui semua ketentuan dan tata tertib yang telah ditetapkan oleh panitia dan siap menerima konsekuensinya dari pelanggaran yang dilakukan.

 

  1. Sebelum mengerjakan soal, periksalah kelengkapan naskah soal. pastikan bahwa nomor halaman berurutan dan lengkap.

 

è  Hal ini penting untuk menghindari hal-hal seperti kurangnya kelengkapan soal dan jika soal tidak lengkap. Perhatikan dengan baik-baik sebelum mengerjakan soal seperti jumlah lembar soal, jumlah soal, nomor halaman apakah berurutan dan lengkap, dan lain sebagainya.

 

  1. Penggantian naskah soal hanya dilakukan paling lambat 5 (lima) menit setelah ujian dimulai. Permintaan penggantian naskah soal dan Lembar Jawaban Ujian (LJU) setelah ujian dimulai tidak akan dilayani.

 

è  Biasanya naskah soal dapat dilakukan penggantian, dengan syarat paling lambat 5 (lima) menit setelah ujian dimulai. Permintaan penggantian naskah soal dan Lembar Jawaban Ujian (LJU) setelah ujian dimulai tidak akan dilayani. Oleh karena itu, sebelum mengerjakan soal perhatikan hal-hal tadi dengan baik.

 

  1. Bacalah setiap soal dengan cermat, lalu pilihlah 1 (satu) jawaban dari pilihan jawaban yang tersedia. Isikan jawaban yang Anda pilih (A, B, C, atau Duntuk TPA dan Bahasa Inggris) pada LJU yang tersedia sesuai dengan nomor soal dengan menghitamkan bulatan huruf jawaban tersebut.

 

è  Ketentuan pengisian jawaban adalah adik-adik mengisikan jawaban yang adik-adik pilih pada Lembar Jawaban Ujian yang tersedia dengan cara menghitamkan bulatan huruf jawaban tersebut. Hitamkanlah dengan baik dan dirasa cukup untuk dapat dibaca dengan scanning komputer.

 

  1. Untuk ujian ini hanya disediakan 1 (satu) lembar jawaban ujian.

 

è  Untuk ujian hanya disediakan 1 (satu) lembar jawaban ujian (LJU). Sehingga jangan sampai adik-adik salah dalam mengisikan jawaban di lembar jawabnya.

 

  1. Bagian kosong dalam naskah ujian dapat digunakan sebagai kertas kerja (klas/buram)

 

->Naskah ujian yang diberikan akan menjadi hak peserta ujian. Sehingga naskah ujian tersebut boleh dicoret-coret.

 

  1. Pengisian lembar jawaban ujian dengan menggunakan pensil 2B.

 

-> Sebelumnya telah dijelaskan bahwa pengisian jawaban dilakukan di Lembar Jawaban Ujian dimana sistem penilaiannya adalah melalui sistem komputer. Oleh karena itu, hitamkan bulatan dengan jelas dan dapat terbaca dengan sistem komputer dengan menggunakanpensil 2B yang berstandar komputer.

 

  1. Tuliskan NAMA, ASAL SEKOLAH, danKODE SOAL UJIANserta bubuhkan TANDA TANGAN sesuai kolom pada lembar jawaban!

 

-> Isikan data diri adik-adik;Nama, Asal Sekolah, dan hal-hal lain yang diminta pada Lembar Jawaban Ujian dengan benar dan jelas. Kesalahan dari pengisian data akan merugikan diri adik-adik sendiri. Gamau kan capek-capek mengerjakan tapi tidak dinilai karena nama kalian salah? 🙂

 

  1. Jika terjadi kesalahan dalam pengisian jawaban atau ingin mengubah jawaban, hapuslah sebersih mungkin jawaban semula, kemudian isikan jawaban yang baru.

 

->Jika jawaban adik-adik salah, hapuslah jawaban yang salah tersebut sebersih mungkin dan ganti jawabantersebut dengan jawaban yang menurut adik-adik benar.

 

  1. Selama ujian berlangsung Anda tidak diperkenankan menggunakan handphone (ponsel), PDA, kalkulator dan alat-alat bantu lainnya yang  sejenis.

 

-> Dalam ujian USM STAN, adik-adik tidak diperkenankan untuk menggunakan alat bantu hitung dan semacamnya seperti kalkulator, PDA, maupun handphone. Apabila pengawas menemukan peserta yang menggunakanalat-alat bantu tadi, maka siap-siap adik-adik akan terkena diskualifikasi dan otomatis tidak akan lolos pada USM STAN tersebut.

 

  1. Anda tidak diperkenankan keluar/meninggalkan tempat/ruang ujian sebelum ujian berakhir.

 

->Jadi buat adik-adik yang telah selesai mengerjakan ujian saat waktu ujian belum berakhir, maka adik-adik tidak diperbolehkan meninggalkan ruangan ujian. Hal ini untuk menghindari terganggunya konsentrasi dari teman-teman lain yang masih mengerjakan soal. Daripada terburu-buru meninggalkan ruangan saat sudah selesai, alangkah lebih baiknya jika mengoreksi kembali saja jawaban dari soal-soal tersebut dan memastikan identitas data telah terisi dengan benar.

 

  1. Jika Anda keluar/meninggalkan tempat/ruang ujian ketika ujian masih berlansung, maka Anda dianggap telah selesai mengerjakan ujian dan tidak diperkenankan lagi kembali ke tempat/ruang ujian.

 

-> Di peraturan disebutkan bahwaapabila meninggalkan tempat/ruang ujian saat ujian masih berlangsung, maka adik-adik dianggap telah selesai mengerjakan ujian dan tidak diperkenankan kembali untuk masuk ke ruang ujian. Oleh karena itu, usahakan adik-adik telah membuang air terlebih dahulu saat ujian akan dimulai.

 

  1. Jika Anda keluar/meninggalkan tempat/ruang ujian sebelum ujian berakhir, maka naskah ujian harus ditinggalkan di ruang ujian. Naskah ujian baru dapat dibawa keluar saat ujian telah berakhir.

 

->Seperti yang telah diterangkan sebelumnya bahwa naskah ujianboleh dibawa pulang apabila ujian telah selesai dilaksanakan.

 

  1. Setelah waktu pengerjaan ujian berakhir, serahkan lembar jawaban Anda kepada Pengawas/Panitia dalam keadaan bersih dan tidakterlipat atau robek, sedangkah soal naskah ujian boleh Anda bawa.

 

-> Setelah pelaksanaan ujian berakhir, maka adik-adik menyerahkan lembar jawaban ujian yang telah dikerjakan tersebut kepada pengawas dalam keadaan bersih dan tidak terlipat atau robek.

 

Nah itu tadi mengenai aturan dari pelaksanaan ujian tertulis USM STAN. Pelanggaran terhadap ketentuan dan tata tertib ujian akan berakibat ujian adik-adik dinyatakan BATAL oleh Panitia. Oleh karena itu, patuhilah aturan yang ada tersebut. Tetap semangat dan Selamat berjuang! 🙂

Posted in USM STAN.

Leave a Reply

Your email address will not be published.