Profil Direktorat Jenderal Anggaran

Profil Direktorat Jenderal Anggaran

Profil Direktorat Jenderal Anggaran – Sebagai salah satu instansi di bawah naungan Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Direktorat Jenderal Anggaran (DJA) menjadi salah satu tempat dimana lulusan PKN STAN akan bekerja. Terutama untuk adik-adik yang hendak mengambil jurusan kebendaharaan negara (baik D1 maupun D3) atau akuntansi. Karena jurusan-jurusan itulah yang akan memfasilitasi DJA dalam perekrutan PNS baru.

Untuk itu, adik-adik setidaknya perlu tau tentang instansi yang satu ini.

Profil DJA

Adik-adik tahu kan uang negara atau yang biasa kita kenal dengan APBN? APBN  tahun 2017 dengan total pendapatan mencapai  1750,3 triliun rupiah dan belanja 2080,5 triliun rupiah ini dikelolah oleh Kemenkeu, termasuk di DJA. Nah DJA ini tugasnya yaitu menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pengganggaran. Wah, bangga banget dong ya bisa menjadi salah satu bagian dari orang-orang yang mengelola uang triliunan rupiah.

Guna menjalankan tugasnya, DJA melakukan beberapa fungsi anggaran. Adapun fungsi-fungsi tersebut adalah sebagai berikut.

  • Perumusan kebijakan di bidang penyusunan anggaran pendapatan negara, anggaran belanja negara, anggaran pembiayaan, standar biaya, dan penerimaan negara bukan pajak;
  • Pelaksanaan kebijakan di bidang penyusunan anggaran pendapatan negara, anggaran belanja negara, anggaran pembiayaan, standar biaya, dan penerimaan negara bukan pajak;
  • Penyusunan norma, standar, prosedur dan kriteria di bidang penyusunan anggaran pendapatan negara, anggaran belanja negara, anggaran pembiayaan, standar biaya, dan penerimaan negara bukan pajak;
  • Pemberian bimbingan teknis dan supervisi di bidang penyusunan anggaran pendapatan negara, anggaran belanja negara, anggaran pembiayaan, standar biaya, dan penerimaan negara bukan pajak;
  • Pelaksanaan pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang penyusunan anggaran pendapatan negara, anggaran belanja negara, anggaran pembiayaan, standar biaya, dan penerimaan negara bukan pajak;
  • Pelaksanaan administrasi Direktorat Jenderal Anggaran, dan
  • Pelaksanaan pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Menteri Keuanga

Struktur DJA

Sebagai ujung tombak dalam perencanaan dan pelaksanaan kebijakan di bidang anggaran, DJA memiliki beberapa bagian. Bagian-bagian itu bekerja sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing. Hal ini dilakukan agar tugas yang diberikan kepada dapat dilaksanakan dengan baik. Berikut adalah kestrukturan dari instansi yang dipimpin oleh Askolani, SE., MA. saat ini.

Sekretariat Direktorat Jenderal (Sekjen). Sekjen bertugas dalam melakukan koordinasi pelaksanaan tugas serta pembinaan dan pemberian dukungan administrasi kepada semua unsur di lingkungan direktorat jenderal. Jadi semua tugas yang telah dilakukan oleh bagian lain dalam DJA di koordinasikan lagi di Sekjen. Selain itu tugas dari Sekjen ini berkaitan dengan segala hal tentang tugas kesekretariatan.

Direktorat Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. Pada direktorat ini tugas merumuskan serta melaksanakan kebijakan dan standardisasi teknis di bidang penyusunan APBN dilakukan. Jadi hal-hal semacam norma, standar, prosedur, dan kriteria di bidang penyusunan anggaran dilakukan di sini. Selain itu, direktorat ini juga melakukan bimbingan tekis dan evaluasi pada penyusunan anggaran.

Direktorat Anggaran Bidang Perekonomian dan Kemaritiman. Direktorat yang diperuntukkan karena wilayah Indonesia yang memiliki potensi maritime yang tinggi. Tugasnya adalah merumuskan serta melaksanakan kebijakan dan standardisasi teknis di bidang penganggaran belanja pemerintah pusat bidang perekonomian dan kemaritiman.

Direktorat Anggaran Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Tugasnya adalah merumuskan serta melaksanakan kebijakan dan standardisasi teknis di bidang penganggaran belanja pemerintah pusat bidang pembangunan manusia dan kebudayaan,

Direktorat Anggaran Bidang Politik, Hukum, Pertahanan dan Keamanan, dan Bagian Anggaran Bendahara Umum Negara. Bertugas untuk merumuskan serta melaksanakan kebijakan dan standardisasi teknis di bidang penganggaran belanja pemerintah pusat bidang politik, hukum, pertahanan dan keamanan, dan Bagian Anggaran Bendahara Umum Negara, serta penyusunan laporan keuangan Belanja Subsidi dan Laporan Keuangan Belanja Lainnya, sesuai penugasan yang diatur lebih lanjut oleh Direktur Jenderal Anggaran.

Direktorat Penerimaan Negara Bukan Pajak. Tugasnya adalah merumuskan serta melaksanakan kebijakan dan standardisasi teknis di bidang penerimaan negara bukan pajak (PNBP) serta subsidi yang ditugaskan pada Direktorat Penerimaan Negara Bukan Pajak.

Direktorat Sistem Penganggaran. Bertugas untuk merumuskan serta melaksanakan kebijakan dan standardisasi teknis di bidang sistem penganggaran.

Direktorat Harmonisasi Peraturan Penganggaran. Bertugas untuk merumuskan serta melaksanakan kebijakan dan standardisasi teknis di bidang harmonisasi peraturan penganggaran.

Ayo Menjadi Bagian dari Kami

Sekarang sudah tau kan bagaimana profil dari DJA? Dengan tugas yang berada pada bagian perencanaan dan pelaksanaan anggaran, tentu akan banyak hal menarik yang bakal kamu temui. Apakah kamu salah satu orang yang mendambakan untuk bekerja di DJA? Kalau begitu selamat! Dengan membaca artikel ini minimal kamu sudah tau bagaimana sih dan seperti apa sih DJA itu.

Agar bisa bekerja di instansi ini, tentu kamu harus jadi mahasiswa KN STAN dulu dong! Nah, untuk menjadi bagian dari PKN STAN, tentu adik-adik harus melewati the one and only gerbang masuk menuju PKN STAN, yaitu USM. Perlu persiapan yang matang tentunya untuk bisa tembus USM yang memang terkenal memiliki tingkat persaingan yang ketat. Bimbel Infinity hadir untuk membantu adik-adik dalam mempersiapkan diri dalam menghadapi USM. Dengan segala program pembelajaran yang ditawarkan, plus para pengajar yang merupakan mahasiswa PKN STAN itu sendiri, membuat adik-adik mendapatkan pengalaman yang luar biasa dalam mempersiapkan USM.

Oleh karena itu, ayo bergabung bersama kami di Bimbel Infinity! Untuk info lebih lanjut kunjungi halaman bimbelinfinity.co.id

 

Artikel Terkait:

  1. Lima Instansi Paling Diminati Lulusan PKN STAN
  2. Profil DJP
  3. Profil DJBC
  4. Profil DJPB
  5. Profil BKF
Posted in Blog and tagged , , , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published.