Prospek Kerja Jurusan Manajemen Aset

Prospek Kerja Jurusan Manajemen Aset

Prospek Kerja Jurusan Manajemen Aset – Adik-adik masih ingat ada jurusani apa saja di PKN STAN? Kali ini kakak akan share salah satu jurusan yang ada di PKN STAN yaitu Jurusan Menejemen Aset, yang hanya dibuka untuk program studi diploma III saja. Dulunya, saat STAN masih belum bertransformasi menjadi PKN STAN ada salah satu jurusan Pengelolaan Piutang dan Lelang Negara atau yang kita kenal dengan PPLN. Namun saat STAN bertransformasi menjadi PKN STAN, nama PPLN ikut bertransformasi menjadi Menejemen Aset.

Apa itu Manajemen Aset?

Menejemen aset sendiri merupakan kombinasi dari menejemen keuangan, ekonomi, teknik mesin dan praktik kerja yang diterapkan pada aset fisik dengan tujuan dapat menyediakan tingkat pelayanan prima dengan biaya yang paling efisien. Selain itu untuk menjaga agar nilai aset tersebut tetap tinggi dan mempunyai usia hidup yang panjang, dengan menyediakan biaya operasi yang memadai sehingga aset tersebut mampu menghasilkan output yang optimal, memberikan kepuasan kepada pelanggannya dengan tetap mengindahkan peraturan perundangan dan aspek keselamatan kerja sehingga tidak mengganggu lingkungan dan memberikan citra yang baik kepada publik.

Karena nantinya lulusan menejemen asset akan mengurus semua hal yang berkaitan dengan inventarisasi aset-aset milik negara serta kekayaan lainnya, sehingga kompetensi yang ditanamkan meliputi cara pengelolaan, penagihan, serta bagaimana upaya optimalisasi penggunaannya. Sedangkan untuk proses dalam memenejemen aset, dilakukan dengan menganalisis data-data yang ada, melakukan inspeksi atas penugasan yang telah diberikan, inspeksi atas sumber daya yang digunakan, biaya, cara kerja dan perubahan yang terjadi. Atas perubahan yang terjadi tersebut harus dilakukan akomodasi, sehingga semua permasalahan yang timbul dapat dikendalikan.

Jika kita runtut dari awal, kegiatan  menejemen aset dimulai dari kegiatan identifikasi aset, menentukan rating dan menginventarisasi aset, menilai kondisi aset serta menilai aset itu sendiri seperti mencatat sisa hidup aset, siklus pembiayaan dan menganalisis kesenjangan yang ada. Selain itu, juga dilakukan monitoring atas kondisi aset dan audit serta persiapan rencana kerja menejemen aset. Disamping itu, juga harus dilakukan identifikasi kebutuhan atas aset dengan mempertimbangkan persyaratan yang berlaku di masyarakat. Persyaratan yang dimaksud termasuk atas pemeliharaan dan rehabilitasi yang sedang dilakukan agar sesuai dengan kebutuhan. Proses kegiatan menejemen aset tersebut juga ditujukan untuk operasional aset tersebut sampai dengan dialihkannya aset tersebut kepada pihak lain apabila tidak dibutuhkan lagi atau tidak layak lagi untuk dipertahankan keberadaannya.

Bagaimana dengan prospek kerjanya, Kak?

Nah, untuk prospek kerja dari jurusan ini, nantinya akan disebar diberbagai instansi pemerintahan dibawah kementerian keuangan. Lebih spesifiknya dalam unit kerja Direktorat Jenderal Kekayaan Negara atau DJKN. Kantor DJKN sendiri terdiri dari Kantor Pusat DJKN, Kantor Wilayah DJKN, dan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL)

(Kunjungi artikel terkait: prospek jurusan akuntansi, bea cukai, pajak)

Ayo Menjadi Bagian dari Kami

Untuk menjadi bagian dari PKN STAN, tentu adik-adik harus melewati the one and only gerbang masuk menuju PKN STAN, yaitu USM. Perlu persiapan yang matang tentunya untuk bisa tembus USM yang memang terkenal memiliki tingkat persaingan yang ketat. Bimbel Infinity hadir untuk membantu adik-adik dalam mempersiapkan diri dalam menghadapi USM. Dengan segala program pembelajaran yang ditawarkan, plus para pengajar yang merupakan mahasiswa PKN STAN itu sendiri, membuat adik-adik mendapatkan pengalaman yang luar biasa dalam mempersiapkan USM.

Oleh karena itu, ayo bergabung bersama Bimbel Online! Untuk info lebih lanjut kunjungi halaman bimbel.online

Posted in Blog and tagged , , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published.