Top 5 Events PKN STAN

Top 5 Events PKN STAN

Top 5 Events PKN STAN – Pasti banyak banget momen yang terjadi PKN STAN jsepanjang 2016. Mulai dari momen-momen rutin seperti ujian dan pengumuman kelulusan, momen yang sifatnya event mahasiswa, serta masih banyak lagi tentunya yang ga bakalan habis kalau ditulis satu-satu di sini.

Nah kali ini infinity bakal ngebahas lima events terbesar yang ada di PKN STAN selama 2016. Yuk kita simak lebih lanjut!

Alumni Home Coming (AHC)

Buat temen-temen PKN STAN pasti masih menyimpan kesan dari acara AHC ini deh. Gimana enggak berkesan coba, acara ini merupakan acara yang diadakan langsung oleh para alumni STAN yang notabene nya udah menjadi orang sukses. Banyak banget keseruan-keseruan yang didapatkan dari acara ini.

Acara ini diselenggarakan pada tanggal 12-13 November 2016. Sebenernya AHC ini jadi ajang alumni reunion. Tapi karena ingin membagikan kebahagiaan yang para alumni rasakan kepada para mahasiswa yang masih berjuang di PKN STAN, maka dibuatlah acara AHC ini dengan berbagai macam hiburan kesenian.

Kesenian yang ditampilkan macam-macam. Mulai dari kesenian daerah yang ditampilkan oleh organisasi daerah (organda) lewat ajang rumah budaya, kesenian yang ditampilkan oleh masing-masing elkam kesenian seperti Sangar Seni Pajak dan Sabdanusa, serta hiburan dari grup band lintas generasi: performance dari Grup Band Gigi

Selain hiburan, alumni pun tentunya memberikan motivasi kepada para mahasiswa. Siapa yang enggak termotivasi coba bisa ketemu secara langsung dengan orang-orang sukses yang ternyata satu almamater? Dengan sedikit perjumpaan dan cekrek bareng pasti membuat mahasiswa PKN STAN kepengen menjadi orang sukses kayak alumninya. Selain itu juga ada jajanan nusantara yang dibagikan secara gratis bagi pengunjung. Wah pasti mahasiswa yang kebanyakan anak kost pasti seneng dong!

Wisuda

Goal dari masa perjuangan di PKN STAN adalah wisuda. Wisuda kali ini spesial. Karen ajika tahun-tahun sebelumnya peserta wisuda adalah mahasiswa D1/D3 Khusus/D4, kali ini D3 Reguler angkatan 2013 pun menjemput masanya untuk menikmati toga hasil perjuangan.

Wisuda dilaksanakan pada tangga 19 Oktober 2016 di Sentul Convention Center (SCC). Wisuda ini pasti menjadi momen yang sangat dinantikan oleh mahasiswa. Apalagi, acara wisuda tahun ini dihadiri langsung oleh Ibu Sri Mulyani selaku Menteri Keuangan Republik Indonesia. Tentunya memberikan kesan yang lebih mendalam ya bagi para wisudawan

Pendidikan Perdana Memasuki Kampus (Dinamika)

Dinamika apa nih? Dinamika rotasi dan kesetimbangan kayak di fisika waktu SMA? Bukan! Dinamika yang satu ini enggak semengerikan itu kok! Dinamika ini merupakan kegiatan orientasi bagi mahasiswa baru (maba) yang akan mengenyam pendidikan di PKN STAN

Seperti masa orientasi pada umumnya, kegiatan Dinamika ini bertujuan untuk memperkenalkan kampus sebagai tempat maba mendapatkan pendidikan. Dari mulai budaya-budaya yang ada, aturan main, dan segala kegiatan kampus diperkenalkan di sini. Tapi tenang, kegiatan dinamika ini bebas dari perpeloncoan kok. Kegiatan-kegiatan yang diusung murni bertujuan untuk mendidik maba untuk siap menjalani keseharian yang penuh haling rintang di PKN STAN.

Dies Natalis

Acara yang baru pertama kali diadakan di PKN STAN. Dengan perubahan status dari sekolah tinggi ke politeknik, maka PKN STAN mengadakan Dies Natalis. Semacam acara perayaan hari jadinya PKN STAN. Karena baru tahun 2015 STAN resmi berubah nama menjadi PKN STAN, maka di tahun 2016 PKN STAN merayakan Dies Natalisnya yang pertama

Acara yang berlangsung pada tanggal 18-22 Juli 2016 ini menyajikan banyak kegiatan. Beberapa acara yang diselenggarakan adalah Lomba Mewarnai untuk pelajar sekolah dasar yang terletak di sekitar kampus PKN STAN, Workshop Perpajakan yang bersifat umum untuk para Wajib Pajak, Workshop Penyusunan Skripsi yang dikhususkan bagi mahasiswa/i Program Ddiploma IV PKN STAN, Bedah Laporan Keuangan, Seminar Nasional, Temu Alumni, dan Garage Sale.

Kegiatan-kegiatan yang disusun memang disesuaikan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan dan pengajaran, pengabdian kepada masyarakat, serta penelitian dan pengembangan. Selain itu tema yang diususng pun sesuai, yakni “Sinergi dalam Mengedukasi dan Melayani Negeri”

Chronicle

Hajatan terbesar Korps Mahasiswa Bea dan Cukai (KMBC) nih! Acara tahunan ini tidak pernah gagal dalam menarik perhatian mahasiswa. Selain itu acara ini juga didukung langsung oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai sebagai induk dari jurusan BC loh!

Kalau boleh dibilang acara Chronicle ini lengkap banget deh! Rangkaian kegiatannya diatur agar tidak hanya sekadar bersenang-senang. Melainkan juga bisa memberikan manfaat serta pendidikan bagi orang lain. Kita bahas sedikit ya beberapa kegiatan yang ada di Chronicle!

Dalam hajatannya ini, KMBC mengadakan kegiatan sosial berupa KMBC goes to School, dimana mahasiswa BC memberikan pendidikan ke SMA/sederajat yang ada di Jakarta dan sekitarnya. Selain itu juga ada Customs Futsal League tingkat SMA/sederajat yang ada di Jakarta dan Sekitarnya. Untuk mahasiswanya sendiri Chronicle menyajikan seminar nasional bertajuk “Tantangan dan Strategi Fiskus Dalam Penerimaan Negara di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN”. Tidak lupa sebagai ajang hiburan, Chronicle ditutup dengan pentas musik dari beberapa band mayor dan band indie

Profil Bimbel Infinity

Mantapkan USM STAN-mu dengan Memilih Bimbel Terbaik

Mantapkan USM STAN-mu dengan Memilih Bimbel Terbaik – Salah satu alternatif dalam mempersiapkan diri menghadapi USM PKN STAN adalah dengan mengikuti bimbel STAN. Masalahnya, saat ini jumlah bimbel hampir sebanyak jumlah minimarket, tiap sepuluh meter ada. Nah, agar kalian tidak salah dalam memilih bimbel, berikut hal-hal yang dapat kalian jadikan pertimbangan.

Kesesuaian dengan Suasana Belajar

Setiap orang adakalanya memiliki suasana belajar yang berbeda-beda dalam menyerap suatu ilmu. Sebagian dari kalian mungkin dapat belajar dalam suasana yang ramai, dengan kelompok kecil, sebagian lagi mungkin tidak. Mengenali suasana belajar yang memaksimalkan kamu dalam menyerap suatu ilmu, akan sangat membantu dalam memilih lingkungan bimbel seperti apa yang kalian butuh. Suasana belajar yang sesuai, akan membuat kamu lebih bersemangat dalam proses pembelajaran, dan meminimalkan rasa bosan yang akan memecah konsentrasimu.

Tingkat Kredibilitas Bimbel

Jika kamu sudah menemukan bimbel yang sesuai dengan suasana belajarmu, hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah melengkapkan informasi terkait bimbel tersebut. Kamu bisa mulai dari searching diinternet dan bertanya kepada kakak kelas atau kenalan kamu yang pernah mengikuti bimbel tersebut.

Sumber: www.pakarsma.com

Selain itu, pertimbangkan terlebih dulu jika kamu ingin mengikuti bimbel yang masih baru dibuka, boleh jadi masih dalam tahap percobaan. Intinya jangan mempertaruhkan kesempatan yang kamu miliki pada sesuatu yang masih dalam tahap percobaan, pilihlah bimbel yang sudah berpengalaman minimal dalam dua tahun terakhir.

Bimbel Infinity merupakan satu-satunya bimbel spesialis USM PKN STAN yang secara legal berstatus badan hukum. Sehingga dibawah naungan PT. Infinity Global Inspiratif, tidak perlu diragukan lagi tingkat kredibilitasnya.

Faktor Pengajar dan Fasilitas Bimbel

Faktor pengajar menjadi sangat penting, karena mereka yang akan membimbing kalian selama beberapa bulan kedepan dalam mempersiapkan USM PKN STAN. Kalian pasti bisa membayangkan apa yang terjadi bila pengajar kalian inkompeten dan tidak berpengalaman. Selain itu, fasilitas kelas yang mendukung suasana belajar dan fasilitas penunjang yang diperlukan, juga perlu kalian perhatikan dengan seksama.

Bimbel infinity menyediakan fasilitas lengkap, seperti ruang kelas yang nyaman dan didesain khusus untuk menunjang kegiatan pembelajaran, bahan ajar berkualitas yang disusun oleh tim berpengalaman mengajar USM PKN STAN. Sumber daya pengajar dan menejemen yang dimiliki terdiri dari mahasiswa PKN STAN, pegawai kementrian keuangan, dan tenaga professional yang menjadi nilai lebih tersendiri.

Apa Nilai Lebih dari Bimbel Tersebut?

It’s worth to try jika selain belajar materi seputar USM kalian diberi pelayanan selama 24 jam untuk kegiatan belajar mengajar, konsultasi akademik terkait keluhan dan kesulitan kalian dalam belajar, hingga konsultasi psikologis dalam pengembangan motivasi dan pembentukan karakter. Selain hal-hal diatas, masih banyak nilai lebih yang akan kalian terima jika kalian bergabung dengan bimbel Infinity.

Penerapan hypnotherapy-akan meningkatkan pemahaman, konsentrasi dan rasa percaya diri serta motivasi-yang akan membantu kalian dalam pembelajaran. Fasilitas study club yang diberikan memungkinkan kalian untuk belajar dengan para pengajar diluar jam bimbingan dimana saja dan kapan saja. Hal tersebut menjadi nilai lebih tersendiri mengingat rata-rata bimbel membatasi jumlah pertemuan atau sesi kalian dengan para pengajarnya.

Kalian tidak perlu khawatir terkait kurikulum yang diajarkan, karena disusun oleh para pengajar yang memiliki kualifikasi khusus. Sehingga kurikulum belajar di bimbel Infinity mampu mendukung kelulusan kalian di USM PKN STAN. Hal tersebut telah terbukti selama bertahun-tahun bimbel Infinity telah meluluskan banyak siswa ke STAN.

Pihak bimbel juga akan memantau perkembangan kalian dan dituangkan dalam Laporan Perkembangan Siswa, atas laporan tersebut tindak lanjut yang diberikan dapat berupa pendampingan lanjutan atau pendampingan khusus. Bagi tim pengajar, hal tersebut menjadi referensi cara  mengajar yang tepat untuk setiap siswa.

Selain itu, bimbingan tidak berhenti saat tes tulis usai. Bagi kalian yang lulus tes tulis dan melanjutkan tes kesehatan kebugaran, akan ada bimbingan tes kebugaran langsung di lokasi tes Jakarta.

Jadi, apalagi yang kalian tunggu? Segara bergabung bersama bimbel Infinity dan menjadi bagian dari Mahasiswa PKN STAN 2017!

artikel lain terkait USM dan PKN STAN: bimbelinfinity.co.id/blog

 

Profil Badan Kebijakan Fiskal (BKF)

Profil Badan Kebijakan Fiskal (BKF)

Profil Badan Kebijakan Fiskal (BKF) – Sebagai salah satu instansi di bawah naungan Kementerian Keuangan (Kemenkeu), BKF menjadi ujung tombak dimana segala kebijakan terkait fiskal di Indonesia dibuat. For your information aja nih, kebijakan fiskal merupakan kebijakan yang dibuat pemerintah untuk mengarahkan ekonomi suatu negara melalui pengeluaran dan pendapatan (berupa pajak) pemerintah.

Badan Kebijakan Fiskal (BKF) dibentuk berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 66 Tahun 2006 tanggal 8 Juni 2006 dengan susunan organisasi yang diatur dalam Keputusan Menteri Keuangan Nomor 466/KMK.01/2006 dan telah diubah dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 131/PMK.01/2006 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Keuangan.

Untuk itu, adik-adik setidaknya perlu tau tentang instansi yang satu ini.

Profil BKF

Kalau misalkan dalam moneter kita punya Bank Indonesia sebagai ujung tombaknya, di fiskal kita punya BKF. BKF merupakan instansi di bawah Kemenkeu yang bertugas dalam menyelenggarakan perumusan, penetapan, dan pemberian rekomendasi kebijakan fiskal dan sektor keuangan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Buat adik-adik yang tertarik banget dengan dunia fiskal di Indonesia, maka BKF ini menjadi instansi idaman deh setelah adik-adik lulus dari PKN STAN nanti.

Guna menjalankan tugasnya, BKF melakukan beberapa fungsi anggaran. Adapun fungsi-fungsi tersebut adalah sebagai berikut.

  • Penyusunan kebijakan teknis, rencana dan program analisis dan perumusan rekomendasi kebijakan fiskal dan sektor keuangan serta kerja sama ekonomi dan keuangan internasional;
  • Pelaksanaan analisis dan perumusan rekomendasi kebijakan fiskal dan sektor keuangan;
  • Pelaksanaan kerja sama ekonomi dan keuangan internasional;
  • Pelaksanaan pemantauan dan evaluasi kebijakan fiskal dan sektor keuangan serta kerja sama ekonomi dan keuangan internasional;
  • Pelaksanaan administrasi Badan Kebijakan Fiskal;
  • Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Menteri.

Ada beberapa kabar angin terkait BKF ini yang beredar di PKN STAN. BKF ini dipandang sebagai instans elit. Konon katanya hanya mahasiswa dengan IPK tinggi lah yang bisa bekerja di instansi ini. Kabar angin ini cukup masuk akal mengingat beban kerja yang tidak hanya berskala regional melainkan nasional. Sebagai instansi yang menentukan segala kebijakan fiskal di Indonesia, tentu diperlukan orang-orang yang menguasai banyak ‘faktor penentu’ dong agar nantinya bisa menghasilkan sebuah kebijakan. Bila mengingat itu maka masuk akal lah kabar angina tersebut.

Tapi kembali lagi, ini merupakan kabar angin. Terlepas dari itu, BKF memang memiliki posisi yang sangat strategis dalam penentuan arah fiskal Indonesia.

Kestrukturan BKF

Instansi ini terbilang instansi yang cukup spesial. Hal ini dikarenakan BKF hanya terdapat di Jakarta saja, karena tugasnya yang berkaitan dengan kebijakan fiskal nasional. Jadi tidak ada BKF di setiap daerah di Indonesia. Hanya ada satu BKF. Hal inilah yang menjadi daya tarik lain bagi para lulusan PKN STAN. Karena tidak mau mendapatkan penempatan kerja yang terlampau jauh, para lulusan PKN STAN mengidamkan kerja di BKF yang berlokasi di Jakarta.

BKF yang dikepalai oleh Prof. Suahasil Nazara, S.E., M.Sc., PhD. memiliki 7 bagian yang melengkapi kestrukturannya. Adapun ketujuh bagian itu adalah sebagai berikut.

  • Pusat Kebijakan Pendapatan Negara
  • Pusat Kebijakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara
  • Pusat Kebijakan Ekonomi Makro
  • Pusat Kebijakan Sektor Keuangan
  • Pusat Kebijakan Pembiayaan Perubahan Iklim dan Mutilateral
  • Pusat Kebijakan Regional dan Bilateral
  • Sekretariat Badan

Ayo Menjadi Bagian dari Kami

Sekarang sudah tau kan bagaimana profil dari BKF? Dengan membaca artikel ini tentu adik-adik bisa lebih paham mengenai profil BKF. Dar pemaparan ini adik-adik diharapkan punya gambaran tentang BKF dan semakin termotivasi untuk bisa menjadi bagian dari instansi yang mengatur arah kebijakan fiskal di Indonesia tersebut.

Agar bisa bekerja di instansi ini, tentu kamu harus jadi mahasiswa KN STAN dulu dong! Nah, untuk menjadi bagian dari PKN STAN, tentu adik-adik harus melewati the one and only gerbang masuk menuju PKN STAN, yaitu USM. Perlu persiapan yang matang tentunya untuk bisa tembus USM yang memang terkenal memiliki tingkat persaingan yang ketat. Bimbel Infinity hadir untuk membantu adik-adik dalam mempersiapkan diri dalam menghadapi USM. Dengan segala program pembelajaran yang ditawarkan, plus para pengajar yang merupakan mahasiswa PKN STAN itu sendiri, membuat adik-adik mendapatkan pengalaman yang luar biasa dalam mempersiapkan USM.

Oleh karena itu, ayo bergabung bersama kami di Bimbel Infinity! Untuk info lebih lanjut kunjungi halaman bimbelinfinity.co.id

 

Artikel Terkait:

  1. Lima Instansi Paling Diminati Lulusan PKN STAN
  2. Profil DJP
  3. Profil DJBC
  4. Profil DJPB
  5. Profil DJA
Lima Instansi Paling Diminati Lulusan PKN STAN 2016

Lima Instansi Paling Diminati Lulusan PKN STAN 2016

Taukah adik-adik jika sebagian besar lulusan dari PKN STAN kelak akan ditempatkan dan bekerja di kementrian keuangan?. Kementrian keuangan sendiri didalamnya terdapat 11 unit Eselon I atau instansi, dari 11 unit tersebut ada 5 unit yang paling banyak diminati oleh lulusan PKN STAN. Ingin tau instansi apa saja yang paling banyak diminati? Yuk simak Lima Instansi Paling Diminati Lulusan PKN STAN 2016 berikut ini.

Berdasarkan survei yang dilakukan terhadap lulusan PKN STAN tahun 2016, berikut 5 instansi yang paling banyak diminati.

  1. Direktorat Jenderal Pajak(DJP)

    DJP merupakan instansi yang mengurus penerimaan negara dari segi perpajakan sesuai yang diatur dalam ketentuan perundang-undangan.  Amanah yang diemban terkait penyelenggaraan perumusan dan pelaksanaan kegiatan dibidang pajak. Instansi ini bertugas dalam bidang pemberian penyuluhan pajak kepada masyarakat, pelayanan pajak kepada Wajib Pajak, dan melakukan pemeriksaan pajak.

  2. Direktorat Jenderal Bea dan Cukai(DJBC)

    Instansi kedua yang paling banyak diminati yaitu DJBC. Disamping DJP, ada DJBC yang juga mengurus penerimaan negara dari segi perpajakan. Akan tetapi lingkup pajaknya tidak seluas DJP, diantaranya dalam bentuk bea, cukai dan pungutan lainnya. Selain itu salah satu tugas penting dari DJBC sendiri yaitu melindungi masyarakat dari masuknya barang-barang berbahaya.

  3. Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan(Setjen Kemenkeu)

    Setjen di kementrian keuangan menjadi salah satu instansi paling banyak diminati terutama bagi lulusan yang tidak ingin ditempatkan di daerah. Hal tersebut dikarenakan Setjen Kemenkeu sendiri hanya memiliki satu kantor di daerah Pasar Baru, Jakarta Pusat. Instansi ini sebagai penghubung antar unit yang melaksanakan koordinasi pelaksanaan tugas, pembinaan, dan pemberian dukungan administrasi kepada seluruh unsur organisasi dilingkungan Kementerian Keuangan. Selain itu, Setjen berada dibawah dan bertanggung jawab langsung kepada Menteri Keuangan.

  4. Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan(Itjen Kemenkeu)

    Lembaga ini merupakan satuan pengawas intern di Kementerian Keuangan yang bertugas mengawasi kegiatan instansi-instansi yang berada di Kementerian Keuangan. Hal tersebut dilakukan agar dalam pelaksanaan tugasnya sesuai dengan sistem atau prosedur yang sudah ditetapkan. Terdapat 8 inspektorat didalam Itjen Kemenkeu, yang tiap-tiap inspektorat memiliki cakupan wilayah pengawasan masing-masing.

  5. Badan Kebijakan Fiskal(BKF)

    Badan Kebijakan Fiskal memiliki tugas terkait penyelenggaraan perumusan, penetapan, dan pemberian rekomendasi kebijakan fiskal dan sektor keuangan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. Beberapa fungsi penting BKF antara lain pelaksanaan kerja sama ekonomi dan keuangan internasional; pelaksanaan pemantauan dan evaluasi kebijakan fiskal dan sektor keuangan serta kerja sama ekonomi dan keuangan internasional; dan pelaksanaan administrasi BKF.

     

Artikel Terkait:

  1. Profil DJPB
  2. Profil DJP
  3. Profil DJBC
  4. Profil BKF
  5. Profil DJA

 

Profil Direktorat Jenderal Pajak

Profil Direktorat Jenderal Pajak

Profil Direktorat Jenderal Pajak – Sebagai salah satu instansi di bawah naungan Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Direktorat Jenderal Pajak (DJP) menjadi salah satu tempat dimana lulusan PKN STAN akan bekerja. Baik adik-adik yang nantinya kuliah di jurusan pajak maupun akuntansi, bisa mendapat tugas untuk bekerja di instansi ini. Bahkan, DJP ini menjadi salah satu instansi favorit bagi para mahasiswa PKN STAN karena tunjangannya termasuk salah satu yang terbesar di Kemenkeu.

Untuk itu, adik-adik setidaknya perlu tau tentang instansi yang saat ini dipimpin oleh Bapak Ken Dwijugiasteadi.

Profil DJP

DJP adalah instansi yang bertugas di bidang perpajakan, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Sebagai informasi, uang negara atau yang biasa kita kenal sebagai APBN sebagian besar berasal dari pajak. Sekitar 80% penerimaan negara didapatkan dari pajak yang dibayarkan oleh warga. DJP hadir sebagai instansi yang mengelola penerimaan negara terbesar itu agar bisa digunakan seefektif mungkin.

Secara umum fungsi DJP adalah mengelola uang pajak yang disetorkan oleh warga. Secara lebih rinci, fungsi dari DJP adalah sebagai berikut:

a. perumusan kebijakan di bidang perpajakan;

b. pelaksanaan kebijakan di bidang perpajakan;

c. penyusunan norma, standar, prosedur, dan kriteria di bidang perpajakan;

d. pemberian bimbingan teknis dan evaluasi di bidang perpajakan;

e. pelaksanaan pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang perpajakan;

f. pelaksanaan administrasi Direktorat Jenderal Pajak; dan

g. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Menteri Keuangan

Lokasi Kantor DJP

Uang yang diterima dari negara berasal dari seluruh wilayah Indonesia, dari Sabang sampai Merauke. Oleh karena itu sebagai instansi yang mengelola penerimaan negara tersebut, DJP menyebar kantornya dari mulai Kantor Pusat hingga kantor-kantor operasional di setiap daerah di Indonesia. DJP termasuk instansi yang memiliki kantor operasional yang ada di kabupaten/kota di Indonesia. Sehingga bagi adik-adik yang ingin bekerja di DJP nantinya harus siap ditempatkan di mana saja.

Sebagian besar lulusan dari PKN STAN nanti akan ditempatkan di kantor operasional setingkat KPP atau Kanwil. Namun ada juga beberapa yang ditempatkan di tingkat lain. Beberapa tingkatan kantor yang ada di DJP adalah sebagai berikut.

a. Kantor pusat terdiri atas Sekretariat Direktorat Jenderal, direktorat, dan jabatan tenaga pengkaji.

b. Unit kantor operasional terdiri atas Kantor Wilayah DJP (Kanwil DJP), Kantor Pelayanan Pajak (KPP), Kantor Pelayanan, Penyuluhan, dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP), Pusat Pengolahan Data dan Dokumen Perpajakan (PPDDP), dan Kantor Pengolahan Data dan Dokumen Perpajakan (KPDDP).

Seperti namanya, kantor pusat berada di pusat ibu kota Indonesia, yaitu Jakarta. Sementara untuk kantor operasional dipecah di beberapa wilayah di Indonesia. Kanwil DJP berada di setiap ibu kota provinsi di Indonesia. KPP tersebar di kabupaten/kota yang ada di Indonesia. Sementara KP2KP berada di kabupaten/kota yang tidak ada KPP nya. Jadi, istilahnya KP2KP adalh unit pembantu KPP.

Tapi tenang saja, untuk lulusan PKN STAN minimal nantinya akan ditempatkan di KPP ke atas.

Organisasi DJP, dengan jumlah kantor operasional lebih dari 500 unit dan jumlah pegawai lebih dari 32.000 orang yang tersebar di seluruh penjuru nusantara, merupakan salah satu organisasi besar yang ada dalam lingkungan Kementerian Keuangan. Segenap sumber daya yang ada tersebut diberdayakan untuk melaksanakan pengamanan penerimaan pajak.

Tugas tiap Unitnya

Kantor Pusat merupakan inti dari DJP. Segala hal yang telah dilakukan oleh Kanwil DJP se-Indonesia dikoordinasikan di sini. Tidak hanya di seluruh wilayah Indonesia. Pendapatan atas pajak luar negeri juga diatur di sini. Selain itu pada kantor pusat juga terdapat unit yang mengatur kebijakan perpajak di Indonesia, termasuk strategi-strategi agar pajak yang diambil bisa maksimal (tentu sesuai peraturan perundangan yang berlaku).

Lalu tugas unit Kanwil DJP adalah melaksanakan koordinasi, bimbingan, pengendalian, analisis, dan evaluasi atas pelaksanaan tugas KPP, serta penjabaran kebijakan dari kantor pusat. Unit ini dapat dibedakan atas:

a. Kanwil DJP Wajib Pajak Besar dan Kanwil DJP Jakarta Khusus yang berlokasi di Jakarta; dan

b. Kanwil DJP selain Kanwil DJP Wajib Pajak Besar dan Kanwil DJP Jakarta Khusus yang lokasinya tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Unit KPP mempunyai tugas melaksanakan penyuluhan, pelayanan, dan pengawasan kepada wajib pajak. Unit ini dapat dibedakan berdasarkan segmentasi wajib pajak yang diadministrasikannya, yaitu:

a. KPP Wajib Pajak Besar, khusus mengadministrasikan wajib pajak besar nasional. Jumlahnya 4 unit;

b. KPP Madya, khusus mengadministrasikan wajib pajak besar regional dan wajib pajak besar khusus yang meliputi badan dan orang asing, penanaman modal asing, serta perusahaan masuk bursa. Jumlahnya 9 unit; dan

c. KPP Pratama, menangani wajib pajak lokasi. Jumlahnya ada 309 unit.

Ayo Menjadi Bagian dari Kami

Sekarang sudah tau kan bagaimana profil dari DJP? Sebagai salah satu instansi dengan tunjangan yang besar, DJP menjadi instansi idaman bagi para lulusan PKN STAN. Apakah kamu salah satu orang yang mendambakan untuk bekerja di DJP? Kalau begitu selamat! Dengan membaca artikel ini minimal kamu sudah tau bagaimana sih dan seperti apa sih DJP itu.

Agar bisa bekerja di instansi ini, tentu kamu harus jadi mahasiswa PKN STAN dulu dong! Nah, untuk menjadi bagian dari PKN STAN, tentu adik-adik harus melewati the one and only gerbang masuk menuju PKN STAN, yaitu USM. Perlu persiapan yang matang tentunya untuk bisa tembus USM yang memang terkenal memiliki tingkat persaingan yang ketat. Bimbel Infinity hadir untuk membantu adik-adik dalam mempersiapkan diri dalam menghadapi USM. Dengan segala program pembelajaran yang ditawarkan, plus para pengajar yang merupakan mahasiswa PKN STAN itu sendiri, membuat adik-adik mendapatkan pengalaman yang luar biasa dalam mempersiapkan USM.

Oleh karena itu, ayo bergabung bersama kami di Bimbel Infinity! Untuk info lebih lanjut kunjungi halaman bimbelinfinity.co.id

Artikel Terkait:

  1. Lima Instansi Paling Diminati Lulusan PKN STAN
  2. Profil DJA
  3. Profil DJBC
  4. Profil DJPB
  5. Profil BKF

Keunggulan PKN STAN yang Harus Kamu Ketahui

Teman-teman pejuang USM PKN STAN, sembari belajar mempersiapkan diri menghadapi USM PKN STAN, yuk intip apa saja keunggulan PKN STAN yang harus teman-teman ketahui.

  • Biaya Pendidikan GRATIS

Serius zaman sekarang masih ada yang gratis?! Kalau teman-teman engga percaya boleh deh iseng-iseng tanyain orang yang kuliah di PKN STAN. Pasti mereka bilangnya gratis. Jadi ya maaf kalo misalnya mahasiswa PKN STAN agak asing dengan istilah biaya kuliah, biaya sks, biaya ujian, biaya praktikum, sumbangan pembangunan, atau segala jenis biaya lainnya. Wong kuliahnya gratis. Paling sekadar tau tapi tidak pernah mengalami.

Kalaupun ada, itu hanya sekadar uang kegiatan mahasiswa. Yaitu uang yang dibayarkan untuk jas almamater dan kegiatan kemahasiswaan selama teman-teman kuliah di PKN STAN. Tapi kabar baiknya, semenjak tahun 2015 dan sampai sekarang, mahasiswa sudah dibebaskan dari uang kegiatan mahasiswa. Artinya, biaya pendidikan di PKN STAN benar-benar Rp. 0,-

Hal ini tentu bisa jadi kesempatan teman-teman buat meringankan beban orang tua dong. Dengan teman-teman melanjutkan studi di PKN STAN, orang tua teman-teman tidak perlu memikirkan biaya-biaya terkait biaya pendidikan di PKN STAN. Anak mana sih yang enggak mau meringankan beban orang tuanya? Jadi bisa dikatakan juga kalau teman-teman kuliah di PKN STAN sama aja teman-teman meringankan beban orang tua

  • Kualitas Pendidikan yang Tinggi

Gelar ‘menjadi salah satu sekolah yang menyajikan pendidikan akuntansi terbaik di Indonesia’ tentu bukan bualan loh! Kurikulum yang digunakan di PKN STAN sudah sangat disesuaikan dengan perkembangan terbaru dunia akuntansi. Bahkan standar kurikulumnya salah satu yang terbaik dari universitas dalam negeri yang menyajikan pendidikan akuntansi, malah mungkin lebih baik karena di sini lebih terfokuskan pada keuangan negara. Ya masa sih orang-orang yang nantinya bakal menjadi punggawa keuangan negara dikasih standar pendidikannya yang ecek-ecek

Selain dari kurikulum, para pengajarnya pun andal. Mereka ada yang memang dikhususkan untuk mengajar, ada juga yang merupakan praktisi langsung. Kebayang dong perpaduan antara pendalaman ilmu dengan pengaplikasian ilmu di lapangan bakal teman-teman dapatkan dari para pengajar yang ada di PKN STAN.

  • Fasilitas Kampus Lengkap

Dari tadi ngomongin gratis-gratis terus, pasti pada kepikiran kualitasnya pasti pas-pasan nih, kan gratis. Maaf aja sih, PKN STAN tetap memerhatikan kualitas, termasuk dalam memberikan fasilitas kepada mahasiswanya.

Fasilitas di PKN STAN udah tergolong lengkap. Dari mulai ruang kelas yang udah full AC semua, ada proyektor, speaker, serta kursi dan mejanya pun nyaman buat dipake kuliah. PKN STAN juga punya Student Center dan Gedung G yang bisa dipake buat acara apapun yang bisa nampung ribuan orang. Perpustakaan oke banget dengan dilengkapi free wifi. Buat yang hobi olahraga juga enggak perlu khawatir. Karena di PKN STAN juga menyediakan lapangan mini soccer, tenis, voli, dan jogging track.

  • Kampus Skala Nasional = Relasi Dari Sabang sampai Merauke

Peminat PKN STAN enggak hanya orang-orang di wilayah Jabodetabek aja, melainkan dari seluruh penjuru Indonesia datang ingin menjadi mahasiswa PKN STAN. Dampaknya apa? Kita bisa kenal banyak orang dari seluruh wilayah nusantara dong! Otomatis relasi kita juga luas, mencakup seluruh wilayah di nusantara. Orang bijak pernah berkata bahwasannya orang yang kuat tanpa relasi yang luas dan kuat seringkali tidak menghasilkan apa-apa. Oleh karena itu di PKN STAN ini bisa menjadi kesempatan teman-teman untuk memperluas dan memperkuat relasi yang teman-teman punya!

  • Dapat Pekerjaan Setelah Lulus Kuliah

Sebagai anak kandung dari Kementerian Keuangan, mahasiswa yang sudah lulus dari PKN STAN akan disalurkan bekerja ke dalam Kementerian Keuangan. Artinya setelah lulus kuliah teman-teman enggak perlu repot-repot apply CV ke perusahaan-perusahaan untuk mendapatkan pekerjaan. Karena nantinya, pekerjaanlah yang akan mencari teman-teman!

Khawatir dengan gaji yang diterima karena tingkat pendidikan teman-teman baru setara D1/D3 saja? Kalau masih khawatir berarti teman-teman belum mendengarkan cerita dari alumni-alumni PKN STAN. Gajinya terhitung luar biasa baik. Apalagi kalau mengingat tingkat pendidikannya yang masih D1/D3, pokoknya lebih dari cukup deh!

Lingkungan kerjanya juga enggak sembarangan. Kementerian Keuangan loh! Kementerian yang banyak menorehkan prestasi. Juga kementerian yang menjadi incaran utama saat diadakan seleksi CPNS karena tunjangannya yang gede. Maka dari itu enggak sembarangan kuliah, enggak sembarangan juga tempat kerjanya!

Nah teman-teman yang udah baca artikel ini sekarang jadi ngerti kan kenapa PKN STAN menjadi idaman banyak orang? Tentu juga teman-teman sudah paham kan kenapa harus memilih PKN STAN sebagai tempat untuk melanjutkan kuliah?

  • Gaji Bulanan yang Bikin Teman-teman Jadi Menantu Idaman

Mungkin paradigm yang ada kalau bicara PNS itu gajinya terbatas, atau susah jadi orang kaya. Tapi kayanya paradigma itu enggak berlaku deh di Kementerian Keuangan. Karena bisa dibilang kalau di Kementerian Keuangan para pegawainya mendapatkan gaji dan tunjangan-tunjangan yang tinggi. Inilah yang menjadi keunggulan PKN STAN. Nantinya lulusan dari PKN STAN akan disalurkan menjadi pegawai di Kementerian Keuangan yang mendapatkan gaji dan insentif yang tinggi.

Bayangin aja deh teman-teman. Lulusan PKN STAN yang D1 aja udah dapet gelar PNS golongan II-A, dan yang D3 itu golongan II-C. Gajinya enggak main-main. Sebulan bisa dapet sekitar 6-9 juta, per bulan. Per bulan loh. Hanya dengan kuliah 1-3 tahun aja teman-teman udah bisa dapat gaji sebesar itu. Belum lagi insentif yang bakal teman-teman dapet nantinya. Sebagai gambaran, ada salah satu alumni PKN STAN D1 Pajak. Dia dapat insentif rapelan sebesar 85 juta loh. Padahal dia baru aja lulus tahun 2015, tapi 1 tahun lebih kemudian udah dapet insentif segitu. Hebat banget kan.

Makannya banyak orang yang bilang kalo keunggulan PKN STAN itu bisa bikin mahasiswanya jadi menantu idaman. Gimana engga jadi menantu idaman coba wong gajinya aja udah besar gitu. Padahal baru lulus kuliah loh. Makannya untuk teman-teman jangan ragu untuk join dengan PKN STAN!

Ayo Bergabung Bersama Kami

Untuk menjadi bagian dari PKN STAN, tentu teman-teman harus melewati the one and only gerbang masuk menuju PKN STAN, yaitu USM. Perlu persiapan yang matang tentunya untuk bisa tembus USM yang memang terkenal memiliki tingkat persaingan yang ketat. Bimbel Infinity hadir untuk membantu teman-teman dalam mempersiapkan diri dalam menghadapi USM. Dengan segala program pembelajaran yang ditawarkan, plus para pengajar yang merupakan mahasiswa PKN STAN itu sendiri, membuat teman-teman mendapatkan pengalaman yang luar biasa dalam mempersiapkan USM.

Oleh karena itu, ayo bergabung bersama kami di Bimbel Infinity! Untuk info lebih lanjut kunjungi halaman bimbelinfinity.co.id

Jadi PNS itu BERSIH!

Jadi PNS itu BERSIH!

Jadi PNS itu BERSIH! – sebenarnya memang gampang loh! Namun memang dewasa ini dunia PNS masih lekat dengan stigma negatif; dunia yang penuh dengan praktik Kolusi Korupsi dan Nepotisme (KKN). Tapi apa memang benar dunia PNS masih seperti itu?

Stigma ini masih terbawa sejak orde baru. Di mana pada masa itu kegiatan KKN merajalela, terutama dalam dunia PNS. Banyak stigma negatif yang mengatakan bahwa untuk menjadi seorang PNS maka kita harus punya uang besar untuk bisa ‘menyogok’ sehingga kita bisa lolos tes seleksi PNS. Bahkan masih banyak orang beranggapan bahwa untuk kelancaran karir ke depannya maka kita ga akan jauh-jauh dari nyogok, nyuap. Asalkan ada uang maka karir pun akan lancer.

Tapi yakin apa itu masih berlaku sekarang?

Stigma lain yang terus menghantui PNS adalah perlunya kenalan atau istilahnya orang dalam agar kita bisa lolos seleksi PNS. Butuh bantuan orang dalam; kenalan, teman dekat, saudara, keluarga yang berada di lingkungan PNS agar nantinya kita bisa naik jabatan dengan cepat.

Tapi yakin apa itu masih berlaku sekarang?

PNS Kementerian Keuangan

Apalagi kalau bicara di lingkungan Kementerian Keuangan yang notabene merupakan kementerian terbaik dalam menerapkan integritas. Rasanya sudah sangat jarang ditemukan hal-hal tersebut di lingkungan Kementerian Keuangan. Segala macam percobaan kasus penyuapan atau pun tindakan KKN sudah banyak dilakukan terhadap para pegawai Kementerian Keuangan, namun usaha itu selalu gagal.

Apa yang membuatnya gagal? Dari hasil penelitian ternyata karena budaya kerja yang diterapkan di Kementerian Keuangan sangat ketat. Sistem reward and punishment sangat diberlakukan di lingkungan Kementerian Keuangan. Apabila ada PNS yang terciduk melakukan tindakan KKN atau disuap maka sanksi yang diberikan pun tidak akan tanggung-tanggung. Selain itu jauh sebelum PNS Kementerian Keuangan menjadi pegawai tetap, nilai-nilai integritas sudah ditanamkan dalam setiap individu.

Tujuan dari ditanamkannya nilai integritas kepada PNS di Kementerian Keuangan adalah untuk menciptakan sikap dan mental yang jujur dalam melakukan pekerjaan. Sebagai kementerian yang langsung berurusan dengan uang tentu sangat riskan dong dengan segala tindak kejahatan. Oleh karena itu CPNS di Kementerian Keuangan benar-benar digembleng mentalnya agar nilai-nilai integritas benar-benar tertanam di dirinya.

Oleh karena itu tidak heran jika Kementerian Keuangan mendapatkan predikat sebagai Kementerian dengan pelayanan terbersih di Indonesia. Penghargaan ini menunjukan bahwa segala sistem pengendalian yang ada bukan hanya sekadar formalitas. Namun juga benar-benar diimplementasikan. Semangat untuk memerangi tindak kejahatan seperti penyuapan ataupun KKN masih sangat kental di lingkungan Kementerian Keuangan.

PKN STAN sebagai agent of integrity

Sebagian besar PNS-PNS yang ada di Kementerian Keuangan berasal dari PKN STAN. Sebagai instansi pendidikan yang mencetak CPNS untuk Kementerian Keuangan, PKN STAN sangat serius memberikan pendidikan bagi mahasiswanya. Termasuk dalam penanaman integritas.

Penanaman integritas di Kampus PKN STAN ini bisa dilihat dari beberapa peraturannya. Seperti misalnya larangan plagiarisme dan mencontek saat ujian. Bahkan, sebelum resmi menjadi mahasiswanya pun calon mahasiswa sudah dilatih untuk bersikap jujur.

Kenapa disebut sudah dilatih jujur sebelum masuk PKN STAN? Karena dari jalur penerimaannya saja PKN STAN hanya menerima mahasiswanya melalui jalur USM PKN STAN. Tidak ada jalur undangan maupun jalur mandiri. Apalagi jalur belakang yang biasanya menjadi jalan pintas bagi orang-orang yang tidak berintegritas. Hanya melalui USM PKN STAN sajalah calon mahasiswa itu bisa masuk ke PKN STAN. Tidak ada istilahnya uang pelicin ataupun ‘nitip anak saya ya’ dalam penerimaan mahasiswa baru PKN STAN.

Pernah ada cerita bahwa ada anak seorang wali kota pun yang gagal lolos dalam USM PKN STAN. Padahal jika bisa tentu saja anak tersebut akan berusaha dengan berbagai cara agar bisa lolos USM PKN STAN. Namun karena PKN STAN sudah mendidik calon mahasiswanya untuk bersikap jujur, maka segala tindak kecurangan tentu tidak akan dibiarkan.

Lalu, di dalam pelaksanaan USM PKN STAN sendiri bagaimana? Apalagi dalam pelaksanaan USM. kejujuran para peserta sangat diperhatikan. Setiap anak akan disesuaiakan foto di kartu peserta dengan wajah aslinya. Hal ini merupakan upaya untuk mencegah adanya usaha calo, dimana seorang peserta digantikan oleh orang lain dalam melaksanakan USM PKN STAN.

Pernah ada pengakuan seorang calo yang mengatakan bahwa para calo pun kesulitan untuk melakukan aksinya dalam USM PKN STAN. Cara kerja calo yang biasanya memberi tarif tinggi -> menggantikan si peserta saat tes -> meloloskan peserta sekarang menjadi memberi tarif tinggi -> menunggu hasil si peserta itu sendiri dalam tes -> mengembalikan uang calo tersebut apabila gagal tes. Jadi yang dilakukan si calo itu hanya berdiam diri. Yang berusaha adalah pesertanya sendiri. Yang belajar adalah si pesertanya sendiri. dari sini terbukti bahwa dari mulai USM PKN STAN pun calon mahasiswa sudah dibiasakan untuk bersikap jujur.

Ada cerita lain terkait penerapan kejujuran dalam pelaksanaan USM PKN STAN. Dalam USM selalu ada jeda beberapa menit antara pengerjaan soal TPA dan TBI. Nah apabila ada yang berusaha mengerjakan soal TPA/TBI di waktu jeda tersebut, maka panitia pengawas tidak segan-segan mencatat nomor peserta si pelaku.

Ataupun saat pengerjaan TBI. Biasanya waktu yang diperlukan untuk mnegerjakan seluruh soal TBI lebih singkat dari waktu yang disediakan. Nah sisa waktu itu seringkali digunakan peserta untuk kembali mengerjakan soal TPA yang seringkali terlewat karena keterbatasan waktu. Padahal aturan melarangnya. Maka konsekuensi dari tindakan tersebut adalah dicatatnya nomor peserta si pelaku.

Dari paparan di atas sudah sangat jelas bahwa PKN STAN sebagai agent of integrity menanamkan sikap integritas dari sebelum mahasiswanya resmi kuliah di PKN STAN, saat ia kuliah di PKN STAN, hingga ia lulus. Karena lulusan PKN STAN akan menjadi PNS di Kementerian Keuangan, kementerian yang terkenal dengan penerapan integritas yang sangat baik.

Maka dari itu jangan khawatir akan penyuapan ataupun KKN di lingkungan PNS, apalagi PNS Kementerian Keuangan. Karena hal itu sudah diminimalisir sedini mungkin; dari masa sebelum calon PNS itu menempuh pendidikan di PKN STAN.

Ayo Menjadi Bagian dari Kami

Untuk menjadi bagian dari PKN STAN, tentu adik-adik harus melewati the one and only gerbang masuk menuju PKN STAN, yaitu USM. Perlu persiapan yang matang tentunya untuk bisa tembus USM yang memang terkenal memiliki tingkat persaingan yang ketat. Bimbel Infinity hadir untuk membantu adik-adik dalam mempersiapkan diri dalam menghadapi USM. Dengan segala program pembelajaran yang ditawarkan, plus para pengajar yang merupakan mahasiswa PKN STAN itu sendiri, membuat adik-adik mendapatkan pengalaman yang luar biasa dalam mempersiapkan USM.

Oleh karena itu, ayo bergabung bersama kami di Bimbel Infinity! Untuk info lebih lanjut kunjungi halaman bimbelinfinity.co.id

 

Mempersiapkan USM dari Jauh Hari

Mempersiapkan USM dari Jauh Hari

Mempersiapkan USM dari Jauh Hari – Meskipun sekarang masih belum memasuki tahun 2017, tidak ada salahnya buat kamu yang ingin melanjutkan studi di PKN-STAN untuk mempersiapkan diri menghadapi USM PKN-STAN. Berikut ini ada beberapa tips buat kamu untuk mempersiapkan USM-STAN meskipun pelaksanaan ujiannya masih lama.

Kenali PKN-STAN lebih dekat

Jika kamu sebelumnya hanya mendengar tentang PKN-STAN hanya sepintas saja atau bahkan tidak tahu sama sekali, sebaiknya kamu mulai menghimpun informasi-informasi tentang PKN-STAN. Info-info mendasar seperti apa itu PKN-STAN, ada berapa program studi di sana, dan bagaimana prospek ke depannya merupakan informasi-informasi minimal yang wajib kamu ketahui. Jika kamu sudah mengetahui hal-hal mendasar seperti itu pasti kamu ingin mengetahui lebih lanjut hingga akhirnya kamu mulai memiliki gambaran yang utuh tentang PKN-STAN. Namun hati-hati, karena banyak sekali informasi yang simpang siur (apalagi terkait ikatan dinas PKN-STAN), sebaiknya kamu mencari informasinya di situs-situs ataupun media sosial resmi milik PKN-STAN

Tentukan mau masuk prodi apa kamu nantinya

Ada banyak prodi yang ditawarkan di PKN-STAN. Meskipun semuanya berkaitan dengan keuangan negara, namun di setiap prodi pasti memiliki concernnya masing-masing. Seperti misalnya pajak, tentu akan berfokus pada tata cara menghimpun pendapatan negara melalui perpajakan. Hal ini penting untuk kamu ketahui karena ke depannya kamu akan terus memperdalam ilmu yang ada di prodi tersebut. Sesuaikan keinginan kamu dengan prodi yang ada. Misalkan jika kamu tertarik dengan Bea dan Cukai karena melihat gagahnya para mahasiswa Bea Cukai memakai seragam dinas, tidak ada salahnya kamu mulai menjadikan Bea Cukai sebagai target prodi yang akan kamu raih.

“Everyday Exercise!” dari sekarang

Tidak ada salahnya untuk mulai mengerjakan soal-soal latihan USM dari sekarang. Karena semakin awal kamu memulai maka akan semakin banyak soal-soal yang akan kamu pelajari hingga akhirnya akan membuat kamu menjadi lebih menguasai tipe-tipe soal USM PKN-STAN. Perlu diingat untuk kalian semua, bahwasannya soal-soal untuk USM itu tidak menitikberatkan pada tingkat kesulitan soal, melainkan ketangkasan dan ketelitian dalam mengerjakan soal-soal yang sifatnya mendasar. Untuk menumbuhkan ketangkasan dan ketelitian tersebut tentu perlu membiasakan diri dengan soal-soal USM PKN-STAN. Maka dari itu, singkirkanlah rasa malas dari sekarang, dan mulailah “mencicil” untuk berlatih soal-soal USM PKN-STAN

Ketahui trend waktu pelaksanaan USM dari tahun ke tahun

Waktu pelaksanaan USM perlu banget kamu ketahui bila kamu mau menjadi bagian dari PKN-STAN! Karena dengan mengetahui trend waktu pelaksanaan USM, maka kamu akan bisa memprediksi waktu pelaksanaan USM untuk 2017! Dengan demikian kamu pun bisa merancang strategi sendiri agar nantinya siap menghadapi USM di tahun 2017. Untuk kamu yang ingin tahu trend waktu pelaksanaan USM bisa dilihat di sini (ini nanti nge-link ke artikel trend waktu USM)

Pupuk motivasi dengan Cerita Sukses dan Mengunjungi PKN-STAN

Jika kamu punya kakak tingkat yang telah menjadi mahasiswa di PKN-STAN, tidak ada salahnya kamu bertanya-tanya tentang USM maupun perkuliahan di PKN-STAN itu seperti apa. Tujuannya adalah agar kamu semakin termotivasi untuk mengikuti jejak kakak tingkatmu menjadi mahasiswa PKN-STAN. Selain itu alangkah baiknya kamu juga mengunjungi kampus PKN-STAN secara langsung. Sambil menyugestikan diri bahwa kelak kamu akan menjadi salah satu mahasiswa yang mengenyam pendidikan di sana. Dengan demikian motivasi dan semangat pun akan mengalir deras dalam dirimu

Meskipun pelaksanaan USM masih lama, namun sangat tidak salah kamu mulai mempersiapkan dirimu untuk menghadapi USM. Dan ingatlah kembali bahwa kesuksesan itu untuk orang-orang yang berusaha di atas rata-rata usaha orang lain. Jika orang lain memulai usahanya hanya beberapa bulan sebelum pelaksanaan USM, maka sebaiknya kamu memulai usahami itu dari sekarang.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai USM dan PKN STAN silahkan kunjungi bimbelinfinity.co.id

Fasilitas di PKN STAN

Fasilitas di PKN STAN

Fasilitas Gratis di PKN STAN – itu beneran ada loh adik-adik. Meskipun pendidikan di PKN STAN itu gratis, bukan berarti fasilitasnya tidak memadai loh. Justru sebaliknya, fasiltas yang ada disediakan di PKN STAN bagi mahasiswanya itu lengkap. Fasilitas yang ada sangat menunjang kegiatan mahasiswa, baik akademis maupun non-akademis.

Meskipun sekolah gratisan, tapi lembaga sangat maksimal dalam memberikan pelayanan terutama dalam pemberian fasilitas untuk mahasiswanya. Bahkan, semakin hari fasilitas yang ada diperbaiki, bahkan banyak fasilitas yang dilengkapi. Tujuannya satu, yaitu agar fasilitas yang dibangun tersebut bisa menunjang kegiatan mahasiswa.

Nah, bagaimana saja fasilitas gratis di PKN STAN itu?

  • Gedung Kuliah

Gedung Kuliah ini terpusat pada satu wilayah. Tujuannya biar mahasiswa yang harus pindah gedung tidak perlu berjalan terlalu jauh. Selain itu di gedung perkuliahan juga terdapat fasilitas pendukung seperti internet corner, mushola, kantin, serta toilet.

Gedung yang digunakan untuk perkuliahan terdiri dari lima gedung, yaitu Gedung J, I, C, D, dan E. Gedung J dan I tergolong Gedung Baru di PKN STAN. Lokasin persis di depan air mancur. Kalau adik-adik masuk PKN STAN lewat gerbang Bintaro maka akan langsung melihat gedung J dan I. Selain itu gedung ini juga disebut gedung kembar karena arsitekturnya yang serupa.

Sementara Gedung C, D, dan E berada agak ke dalam, tidak langsung ketemu seperti Gedung J dan I. Gedung C, D, dan E ini tergolong bangunan yang cukup tua karena sudah dibangun cukup lama. Ketiga gedung ini berada di sekitaran Taman CD.

  • Ruang Kuliah

Ruang kuliah yang disediakan merupakan ruangan yang cukup luas, cukup untuk menampung mahasiswa sebanyak 40 orang. Tapi jangan salah, meskipun jumlah mahasiswanya 40 tapi adik-adik tidak perlu untuk berdesak-desakan kok. Karena ukurang ruangannya yang luas sehingga membuat nyaman untuk belajar.

Selain itu fasilitas dalam ruangan kuliah ini pun lengkap. AC yang akan menjamin adik-adik belajar dengan suasana yang sejuk. Proyektor yang akan menunjang pembelajarn adik-adik. Dua papan tulis yang luas siap menampung segala ilmu dosen yang diturunkan melalui tulisan. Selain itu meja dan kursinya pun sangat nyaman. Tidak ada yang rusak. Kalaupun rusak tinggal bilang kepada CS gedung tersebut untuk minta diganti. Pasti akan langsung diganti.

Selain fasilitasnya yang lengkap. Ruang kuliah ini pun mendapatkan cukup cahaya matahari. Tapi jika terlalu silau pun bisa diatur banyaknya cahaya yang masuk ke ruangan tersebut. Interior ruangannya dibuat sedemikian rupa sehingga mirip sekal dengan suasana ruang kantor. Bukan sumpek justru sangat nyaman. Hal ini agar nantinya mahasiswa terbiasa dengan suasana kantor.

  • Green Campus

Meskipun berada di Tangerang Selatan yang notabene gersang dan panas, PKN STAN memiliki lahan hijau agar kampus tetap asri. Di pinggiran sepanjang jogging track ditumbuhi tanaman. Di Taman CD juga terdapat pohon ketapang yang berukuran besar. Gunanya untuk memayungi Taman CD tersebut. Sehingga selain teduh, taman CD pun terasa asri dan sejuk.

  • Auditorium Gedung G dan Student Center

Kegiatan-kegiatan besar dilakukan di sini. Jika mahasiswa PKN STAN perlu mengadakan kegiatan besar maka gunakanlah Gedung G dan Student Center.

Gedung G itu seperti auditorium. Jadi acara yang diselenggarakan di sini biasanya juga acara-acara formal. Seperti misalnya seminar nasional, debat capresma, acara penghargaan, ataupun acara-acara Kemenkeu.

Sementara Student Center lebih ke acara yang sifatnya tidak terlalu formal (meskipun ini tidak mutlak) Sering juga acara olahraga seperti basket diadakan di sini. Oh iya, acara konser musik juga sering diadakan di sini loh. Lokasinya berada di belakang kampus, alias lebih dekat dengan gerbang ceger daripada gerbang bintaro.

  • Perpustakaan

Perpustakaan ini menjadi primadona bagi mahasiswa dalam mencari referensi. Apalagi kalau sudah dekat-dekat waktu ujian. Selain menyediakan buku-buku penunjang, di perpustakaan ini juga meyediakan wifi untuk mahasiswa loh!

  • Fasilitas Olahraga

Buat adik-adik yang gemar berolahraga, gausah khawatir. Karena PKN STAN sendiri memerhatikan pengembangan minat olah raga bagi mahasiswanya. Oleh karena itu, dibangunlah fasilitas olah raga. Misalnya jogging track¸ lapang voli, lapang mini soccer, lapang basket, dan lapang tenis. Kalaupun misalnya ada fasilitas olahraga yang tidak tersedia, adik-adik masih bisa mengaksesnya di sekitar kampus PKN STAN

  • Lab Komputer

Lab komputer ini berada di di gedung D dan C. Kalau di gedung D terdapat di lantai satu sementara di gedung C terdapat di lantai dua.

  • Mini Lab Jurusan

Mini lab jurusan ini berada di lantai satu perpustakaan. Dari pintu masuk, lurus sedikit dan adik-adik bisa menemukan mini lab di sebelah kanan. Ada mini lab akuntansi, pajak, manajemen aset, dan bea cukai. Terdapat data dan informasi berkaitan dengan jurusan tersebut baik dalam bentuk soft copy maupun hard copy.

  • Poliklinik

Poliklinik ini memberikan fasilitas kesehatan gratis bagi mahasiswanya. Hanya dengan menunjukkan KTM ke petugas poliklinik, maka akan diberikan pelayanan kesehatan secara Cuma-Cuma. Apabila adik-adik sakit, datanglah ke poliklinik, karena ada petugas dokter yang siap menangani. Kalaupun dokter tersebut tidak bisa memberikan bantuan, maka poliklinik akan merujuk ke rumah sakit terdekat.

Atau misal adik-adik ingin meminta multivitamin agar tubuh tetap sehat, bisa juga adik-adik datang ke poliklinik dengan biaya yang gratis.

  • Kesenian Daerah

Pengembangan kesenian daerah juga sangat diperhatikan di sini. Ada elemen kampus yang fokus untuk pengembangan kebudayaan daerah seperti Sabda Nusa. Selain itu Organisasi Daerah yang ada pun turut aktif dalam pengembangan kesenian daerah. Makannya jangan heran, kesenian daerah yang dihasilkan oleh PKN STAN sering ditampilkan dalam acara-acara penting di lingkungan Kementerian Keuangan.

Ayo Menjadi Bagian dari Kami

Untuk menjadi bagian dari PKN STAN, tentu adik-adik harus melewati the one and only gerbang masuk menuju PKN STAN, yaitu USM. Perlu persiapan yang matang tentunya untuk bisa tembus USM yang memang terkenal memiliki tingkat persaingan yang ketat. Bimbel Infinity hadir untuk membantu adik-adik dalam mempersiapkan diri dalam menghadapi USM. Dengan segala program pembelajaran yang ditawarkan, plus para pengajar yang merupakan mahasiswa PKN STAN itu sendiri, membuat adik-adik mendapatkan pengalaman yang luar biasa dalam mempersiapkan USM.

Oleh karena itu, ayo bergabung bersama kami di Bimbel Infinity! Untuk info lebih lanjut kunjungi halaman bimbelinfinity.co.id

Keunggulan PKN STAN yang Harus Teman-teman Ketahui

Teman-teman yang sedang berjuang mempersiapkan diri menghadapi USM PKN STAN, yuk intip keunggulan PKN STAN yang harus teman-teman ketahui untuk menambah motivasi teman-teman dalam mempersiapkan diri menghadapi USM PKN STAN.

  • Biaya Pendidikan GRATIS

Serius zaman sekarang masih ada yang gratis?! Kalau teman-teman engga percaya boleh deh iseng-iseng tanyain orang yang kuliah di PKN STAN. Pasti mereka bilangnya gratis. Jadi ya maaf kalo misalnya mahasiswa PKN STAN agak asing dengan istilah biaya kuliah, biaya sks, biaya ujian, biaya praktikum, sumbangan pembangunan, atau segala jenis biaya lainnya. Wong kuliahnya gratis. Paling sekadar tau tapi tidak pernah mengalami.

Kalaupun ada, itu hanya sekadar uang kegiatan mahasiswa. Yaitu uang yang dibayarkan untuk jas almamater dan kegiatan kemahasiswaan selama teman-teman kuliah di PKN STAN. Tapi kabar baiknya, semenjak tahun 2015 dan sampai sekarang, mahasiswa sudah dibebaskan dari uang kegiatan mahasiswa. Artinya, biaya pendidikan di PKN STAN benar-benar Rp. 0,-

Hal ini tentu bisa jadi kesempatan teman-teman buat meringankan beban orang tua dong. Dengan teman-teman melanjutkan studi di PKN STAN, orang tua teman-teman tidak perlu memikirkan biaya-biaya terkait biaya pendidikan di PKN STAN. Anak mana sih yang enggak mau meringankan beban orang tuanya? Jadi bisa dikatakan juga kalau teman-teman kuliah di PKN STAN sama aja teman-teman meringankan beban orang tua

  • Kualitas Pendidikan yang Tinggi

Gelar ‘menjadi salah satu sekolah yang menyajikan pendidikan akuntansi terbaik di Indonesia’ tentu bukan bualan loh! Kurikulum yang digunakan di PKN STAN sudah sangat disesuaikan dengan perkembangan terbaru dunia akuntansi. Bahkan standar kurikulumnya salah satu yang terbaik dari universitas dalam negeri yang menyajikan pendidikan akuntansi, malah mungkin lebih baik karena di sini lebih terfokuskan pada keuangan negara. Ya masa sih orang-orang yang nantinya bakal menjadi punggawa keuangan negara dikasih standar pendidikannya yang ecek-ecek

Selain dari kurikulum, para pengajarnya pun andal. Mereka ada yang memang dikhususkan untuk mengajar, ada juga yang merupakan praktisi langsung. Kebayang dong perpaduan antara pendalaman ilmu dengan pengaplikasian ilmu di lapangan bakal teman-teman dapatkan dari para pengajar yang ada di PKN STAN.

  • Fasilitas Kampus Lengkap

Dari tadi ngomongin gratis-gratis terus, pasti pada kepikiran kualitasnya pasti pas-pasan nih, kan gratis. Maaf aja sih, PKN STAN tetap memerhatikan kualitas, termasuk dalam memberikan fasilitas kepada mahasiswanya.

Fasilitas di PKN STAN udah tergolong lengkap. Dari mulai ruang kelas yang udah full AC semua, ada proyektor, speaker, serta kursi dan mejanya pun nyaman buat dipake kuliah. PKN STAN juga punya Student Center dan Gedung G yang bisa dipake buat acara apapun yang bisa nampung ribuan orang. Perpustakaan oke banget dengan dilengkapi free wifi. Buat yang hobi olahraga juga enggak perlu khawatir. Karena di PKN STAN juga menyediakan lapangan mini soccer, tenis, voli, dan jogging track.

  • Kampus Skala Nasional = Relasi Dari Sabang sampai Merauke

Peminat PKN STAN enggak hanya orang-orang di wilayah Jabodetabek aja, melainkan dari seluruh penjuru Indonesia datang ingin menjadi mahasiswa PKN STAN. Dampaknya apa? Kita bisa kenal banyak orang dari seluruh wilayah nusantara dong! Otomatis relasi kita juga luas, mencakup seluruh wilayah di nusantara. Orang bijak pernah berkata bahwasannya orang yang kuat tanpa relasi yang luas dan kuat seringkali tidak menghasilkan apa-apa. Oleh karena itu di PKN STAN ini bisa menjadi kesempatan teman-teman untuk memperluas dan memperkuat relasi yang teman-teman punya!

  • Dapat Pekerjaan Setelah Lulus Kuliah

Sebagai anak kandung dari Kementerian Keuangan, mahasiswa yang sudah lulus dari PKN STAN akan disalurkan bekerja ke dalam Kementerian Keuangan. Artinya setelah lulus kuliah teman-teman enggak perlu repot-repot apply CV ke perusahaan-perusahaan untuk mendapatkan pekerjaan. Karena nantinya, pekerjaanlah yang akan mencari teman-teman!

Khawatir dengan gaji yang diterima karena tingkat pendidikanmu baru setara D1/D3 saja? Kalau masih khawatir berarti teman-teman belum mendengarkan cerita dari alumni-alumni PKN STAN. Gajinya terhitung luar biasa baik. Apalagi kalau mengingat tingkat pendidikan kita yang masih D1/D3, pokoknya lebih dari cukup deh!

Lingkungan kerjanya juga enggak sembarangan. Kementerian Keuangan loh! Kementerian yang banyak menorehkan prestasi. Juga kementerian yang menjadi incaran utama saat diadakan seleksi CPNS karena tunjangannya yang gede. Maka dari itu enggak sembarangan kuliah, enggak sembarangan juga tempat kerjanya!

Nah teman-teman yang udah baca artikel ini sekarang jadi ngerti kan kenapa PKN STAN menjadi idaman banyak orang? Tentu juga teman-teman sudah paham kan kenapa harus memilih PKN STAN sebagai tempat untuk melanjutkan kuliah?

  • Gaji Bulanan yang Bikin Teman-teman Jadi Menantu Idaman

Mungkin paradigm yang ada kalau bicara PNS itu gajinya terbatas, atau susah jadi orang kaya. Tapi kayanya paradigma itu enggak berlaku deh di Kementerian Keuangan. Karena bisa dibilang kalau di Kementerian Keuangan para pegawainya mendapatkan gaji dan tunjangan-tunjangan yang tinggi. Inilah yang menjadi keunggulan PKN STAN. Nantinya lulusan dari PKN STAN akan disalurkan menjadi pegawai di Kementerian Keuangan yang mendapatkan gaji dan insentif yang tinggi.

Bayangin aja deh teman-teman. Lulusan PKN STAN yang D1 aja udah dapet gelar PNS golongan II-A, dan yang D3 itu golongan II-C. Gajinya enggak main-main. Sebulan bisa dapet sekitar 6-9 juta, per bulan. Per bulan loh. Hanya dengan kuliah 1-3 tahun aja teman-teman udah bisa dapat gaji sebesar itu. Belum lagi insentif yang bakal teman-teman dapet nantinya. Sebagai gambaran, ada salah satu alumni PKN STAN D1 Pajak. Dia dapat insentif rapelan sebesar 85 juta loh. Padahal dia baru aja lulus tahun 2015, tapi 1 tahun lebih kemudian udah dapet insentif segitu. Hebat banget kann.

Makannya banyak orang yang bilang kalo keunggulan PKN STAN itu bisa bikin mahasiswanya jadi menantu idaman. Gimana engga jadi menantu idaman coba wong gajinya aja udah besar gitu. Padahal baru lulus kuliah loh. Makannya untuk teman-teman jangan ragu untuk join dengan PKN STAN!

Ayo Bergabung Bersama Kami

Untuk menjadi bagian dari PKN STAN, tentu teman-teman harus melewati the one and only gerbang masuk menuju PKN STAN, yaitu USM. Perlu persiapan yang matang tentunya untuk bisa tembus USM yang memang terkenal memiliki tingkat persaingan yang ketat. Bimbel Infinity hadir untuk membantu teman-teman dalam mempersiapkan diri dalam menghadapi USM. Dengan segala program pembelajaran yang ditawarkan, plus para pengajar yang merupakan mahasiswa PKN STAN itu sendiri, membuat teman-teman mendapatkan pengalaman yang luar biasa dalam mempersiapkan USM.

Oleh karena itu, ayo bergabung bersama kami di Bimbel Infinity! Untuk info lebih lanjut kunjungi halaman bimbelinfinity.co.id