Tips Menjawab soal Reading soal USM STAN

Sebagai pengajar Bahasa Inggris bimbel USM STAN, saya menemukan bahwa sebagian besar peserta bimbel mengabaikan soal Reading Comprehension saat mengerjakan (simulasi) USM.

Padahal, soal Reading ini mencakup 30% dari 20 soal Bahasa Inggris yang diujikan. Ingat, USM PKN STAN mensyaratkan jawaban benar minimal 30% jumlah soal agar tidak mendapat nilai mati. Nah, jika tak ingin mengerjakan Reading Comprehension, peserta harus menjawab benar minimal 14 dari 20 soal Structure & Written Expression. Mungkin gak sih? Mungkin saja untuk meraih poin ambang batas hanya dengan 14 soal yang tersisa. Tetapi, saat puluhan ribu peserta yang lolos nilai mati diseleksi menurut ranking poin, ia akan mengalami kerugian nilai karena sudah dengan sadar membuang 30% peluang menambah poin!

So, jangan membuang peluangmu! taklukkan tantangan, bukan menghindarinya!

Soal reading mengharuskan kita untuk membaca dan menjawab pertanyaan berdasarkan teks yang disediakan dalam waktu yang terbatas. So, here are some tips mengerjakan soal reading agar waktumu tidak terbuang

  1. Baca terlebih dahulu soalnya

Kenapa harus baca soal terlebih dahulu? Karena dengan melihat soalnya, kita bisa langsung mencari poin utama yang diperlukan, sehingga tidak akan membuang-buang waktu dengan membaca keseluruhan teks terlebih dahulu.

  1. Jangan membaca terlalu lama

Didalam soal teks, seringkali terdapat kalimat atau kata yang sulit. Jika terjadi hal seperti itu, langsung lompati saja kata tersebut dan pindah ke kalimat lainnya. Tidak perlu menerjemahkan seluruh kalimat.

  1. Temukan kata kunci

Setelah membaca pertanyaan, kita pasti menemukan kata kunci dari pertanyaan yang diajukan, seperti lokasi tempat, nama benda dan semacamnya. Kata kunci ini akan membantu didalam mencari jawaban didalam teks tersebut.

  1. Scan soalnya

Sama seperti mesin scan, bacalah teks tersebut secara cepat, karena sebelumnya kita telah menentukan kata kunci, maka kegiatan scan ini akan menjadi semakin maksimal dan kita jadi lebih mudah memahami isi dari teks tersebut.

  1. Jika harus mencari ide pokok

Jika soalnya mencari ide pokok, maka mau tidak mau kita harus membaca keseluruhan teksnya. Namun tidak perlu khawatir, karena ide pokok biasanya terdapat pada awal atau akhir kalimat.

  1. Jangan Panik

Jangan panik jika waktu untuk mengerjakan soal hanya tinggal sedikit lagi, baca kembali dengan seksama teks tersebut. Karena semua pertanyaan pasti ada jawabannya di teks. Hindari asal mengisi soal, agar tidak mengurangi potensi menambah nilai

Posted in Uncategorized.