Yakin Biaya Kuliah di PKN STAN gratis? – Kalian tau kan kalau PKN STAN itu dibawah Kementrian Keuangan (Kemenkeu) nah karena itu PKN STAN sudah tidak dikenakan biaya alias GRATIS untuk kegiatan akademiknya. Tetapi ada banyak kabar yang membicarakan bahwa PKN STAN tidak akan gratis lagi pada tahun pembelajaran 2020. Dan akhirnya PKN STAN sudah mengeluarkan informasi biaya perkuliahan untuk tahun ajaran 2020.

Penguman Resmi

Tanggal 2 Desember 2019 PKN STAN mengumumkan langsung dari akun Sosial Media-nya yaitu Twitter dan Instagram. “Hal ini sesuai dengan pasal 8 ayat (2) PMK 184/PMK.01/2018, bahwa mahasiwa tidak dikenakan biaya selama mengikuti kegiatan akademik, dan ayat (3), bahwa mahasiswa dapat dikenakan biaya untuk kegiatan non-akademik.”

Nah bagi kalian yang dari kemarin masih khawatir apakah 2020 kuliah di PKN STAN tidak gratis lagi pasti sudah lega kan liat pengumuman itu.

Ada Denda

Tapi kuliah gratis hanya berlaku bagi kamu yang berhasil sampai wisuda alias tidak diDrop out (DO), jika kamu diDropout dan ingin mengambil transkrip nilai kamu harus membayar denda terlebih dahulu sesuai dengan ketentuan :

Menurut Pasal 9 pada PMK 184/PMK.01/2018, biaya pendidikan tiap semeter mahasiswa PKN STAN ditetapkan dengan KMK (KMK ang dimaksud adalah KMK 867/KMK.01/2019), dan dikenakan atas:

  • Mahasiswa yang tidak lulus pendidikan program diploma bidang keuangan PKN STAN (Drop Out atau megundurkan diri pada saat menjalani pendidikan) yang ingin mengambil transkrip nilai
  • Lulusan yang berasal dari program diploma bidang keuangan PKN STAN yang mengundurkan diri, yang ingin mengambil ijazah dan transkrip nilai
  • Bagi CPNS/PNS Kementrian Keuangan yang berasal dari program diploma bidang keuangan PKN STAN yang tidak menyelesaikan ikatan dinas yang ingin mengambil ijazah dan transkrip nilai

Jadi, jika kalian nanti diDrop out atau mengundurkan diri tetapi ingin mengambil transkrip nilai kamu harus membayarkan denda yang sudah ditetapkan oleh PKN STAN loh. Maka dari itu kamu harus tetap semangat ya pada saat nanti kamu sudah diterima di PKN STAN karena bukan hanya SPMB PKN STAN nya saja yang susah tapi saat menjalani pendidikannya pun susah loh.